Festival Tiyuh Tubaba Batal Terlaksana di Uluan Nughik

Realita Lampung, Tubaba – Festival Tiyuh – tiyuh tahun 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) bakal terselenggara pada 3 Juli 2021 mendatang.

Sebelumnya, Festival ini diagendakan digelar di Kota Budaya Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Namun lantaran Pandemi Covid-19 membuat wacana tersebut berubah, sehingga harus dilakukan di Tiyuh masing-masing dengan metode secara daring.

Mansyur Yusuf Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadispora-part) setempat pada wartawan Selasa, 29 Juni, 2021, membenarkan terkait adanya perubahan agenda tersebut.

“Awalnya memang direncanakan berlangsung di Uluan Nughik, namun karena situasi pandemi Covid-19, hari ini ada perubahan agenda, jadi dilangsungkan secara daring,” ujarnya.

Mansyur juga mengatakan, sebelumnya telah melakukan riset pada bulan April lalu kesetiap Tiyuh yang dinilai memiliki potensi atau histori lokal, baik dalam bidang seni, budaya hingga kuliner.

“Festival Tiyuh – Tiyuh digelar guna mengangkat potensi yang ada disetiap Tiyuh, nantinya diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar sehingga perekonomian masyarakat kembali bangkit dari tekanan Covid-19,” tambahnya.

Untuk diketahui, Festival Tiyuh-Tiyuh tersebut selain memamerkan potensi Tiyuh juga akan menyelenggarakan sejumlah workshop dengan pemateri profesional sesuai bidang. (JL/RD)

Komentar