Giat Gerebek Stunting di Kampung Sumber Makmur

Tulang Bawang – Puskesmas Penawar Jaya, Kecamatan Banjar Margo, mengadakan giat gerebek stunting di balai Kampung Sumber Makmur, Selasa (02/08). Kegiatan rutin tersebut bertujuan untuk memantau tumbuh kembang balita.

Kiki, Bidan Desa Kampung Sumber Makmur mengungkapkan, kegiatan hari ini adalah dalam rangka giat penurunan stunting. Dengan mendata dan memberi penyuluhan kepada orang tua balita, terkait dengan kesehatan.

“Kami akan mengukur dan menimbang anak, apabila tidak sesuai dengan usianya dan tumbuh kembangnya,” ujarnya

Di tempat yang sama, petugas Gizi Puskesmas Penawar Jaya Leni yang memonitor kegiatan mengungkapkan, giat gerebek stunting ini rutin dilaksanakan setiap Bulan Februari dan Agustus. Dengan tujuan untuk memantau tumbuh kembang balita.

“Dimana kami akan memantau tumbuh kembang balita. Jika ditemukan ada tumbuh kembang balita yang kurang, atau berat badannya kurang, kami akan memberikan bantuan makanan tambahan kepada yang beresiko gizi buruk,” ujarnya.

Dia melanjutkan, di gerebek stunting ini kami akan memberikan informasi atau penyuluhan kepada ibu balita, agar mereka memberikan perhatian khususnya di usia 2 tahun kebawah.

“Karena intervensi stunting kita boleh kejar di usia 0 sampai 2 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sumber Makmur Wayan menuturkan, kegiatan hari ini adalah gerebek stunting dalam hal memberikan bantuan tambahan vitamin, pengukuran tinggi badan, serta berat badan bayi tersebut.

Dia melanjutkan, harapan kami agar semua anak-anak balita di Kampung Sumber Makmur mendapatkan perhatian lebih dari desa. Khususnya dari pemerintah daerah agar tidak terjadi temuan stunting kembali.

“Sehingga pemerintah desa dan pemerintah daerah ada kontribusinya dalam hal memberikan perhatian lebih kepada balita di kampung kami,” tutupnya. (Rudianto)

Komentar