KPU Sampaikan Hasil Verifikasi Penelitian Syarat Calon

Realita Lampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Way Kanan menggelar rapat pleno dalam rangka penyampaian hasil verifikasi dan penelitian persyaratan dari masing-masing bakal calon sebagai syarat calon untuk menjadi peserta di Pilkada mendatang.
Rapat pleno yang digelar dan dipimpin oleh Ketua KPU bersama seluruh Komisioner KPU setempat, dan pimpinan Bawaslu Sukindra dan Kelik Windu beserta LO dari pasangan calon itu berlangsung di Aula Nuwa Demokrasi KPU Way Kanan, Senin 14 September 2020.
Ketua KPU Kabupaten Way Kanan, Refki Dharmawan didampingi Kordiv Teknis Penyelenggaraan, Noprisyah Harianto mengatakan bahwa berdasarkan hasil verifikasi syarat calon sejak tanggal 6 September yang lalu, KPU Way Kanan memberitahukan hasil verifikasi kepada perwakilan partai politik Pasangan Calon atau LO. 
Hal tersebut sesuai ketentuan Pasal 54 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.
Verifikasi yang dilakukan meliputi syarat calon, termasuk syarat hasil pemeriksaan kesehatan oleh RSU Abdul Moeloek. Untuk hasil pemeriksaan kesehatan seluruh calon baik calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Way Kanan dinyatakan memenuhi syarat oleh tim pemeriksa.
“Hasil verifikasi untuk pasangan calon Raden Adipati Surya – Ali Rahman dinyatakan memenuhi syarat dan untuk pasangan calon H. Juprius – Rina Marlina dinyatakan belum memenuhi syarat, yaitu untuk jenis pekerjaan dalam Form BB.2-KWK dan terdapat salah nama Kabupaten dalam Surat Keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya,” terang Refki Dharmawan.
Dihubungi terpisah Turiman LO Pasangan Juprius – Rina Marlina mengatakan terkait perbaikan kekurangan berkas sudah diselesaikan hari ini.
“Kesalahan seperti pekerjaan hanya masalah redaksional saja, begitupun surat keterangan tidak sedang dicabut haknya pada surat pertama tertulis Kabupaten Nias, seharusnya Way Kanan,” kata Turiman. (***) 
• Penulis : Sandi

Komentar