Pemda Dukung BPD Lampung Terapkan Aplikasi e-Budgeting

Kepala Bidang Perbendaharaan Daerah BPKA Kabupaten Lampung Utara, Iskandar Helmi, SE, MM, ketika dikonfirmasi, Senin 19 September 2022.

Merespon rencana PT Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Kotabumi yang menargetkan pada bulan Januari Tahun 2023 akan mulai menerapkan aplikasi e-budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Lampung Utara berikan dukungan penuh.

Sebagaimana dikatakan Kepala Bidang Perbendaharaan Daerah BPKA Kabupaten Lampung Utara, Iskandar Helmi, SE, MM, ketika dikonfirmasi, Senin 19 September 2022.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Lampung Utara tentunya akan mendukungan program tersebut sesuai dengan arahan dan petunjuk-petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI. 

“Pemda Lampung Utara mendukungan penerpaan aplikasi ini. Karena e-Budgeting ini merupakan implementasi dari inpres nomor 10 tahun 2015 terkait transaksi pencegahan tindak pidana korupsi,” kata Iskandar Helmi.

“Salah satu implementasinya, ya itu, kita harus menggunakan e-Budgeting, untuk itu Pemkab Lampung Utara sangat mendukung, sehingga semua transaksi itu dapat dilakukan secara digital sehingga transparan, tepat waktu, dan bisa memanimalisir setiap kesalahan,” ujarnya.

Disampaikannya, pada minggu-minggu lalu, Pemkab Lampung Utara juga telah melakukan sosialisasi untuk SP2D secara online. 

“Pada prinsipnya Pemkab Lampung Utara mendukung semua program digitalisasi agar bisa transparan,” ucapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, sistem program aplikasi e-Budgeting ini merupakan sistem koniksipitas, terlebih tentang data keuangan daerah. Di Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara juga sudah merajut petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan untuk semua data dan pendataan dilakukan dengan sistem online. Karena semua langsung terkoneksi dengan data-data terkait, kata Iskandar Helmi. (Tim)

Sebelumnya : Efisiensi, BPD Lampung Segera Terapkan e-Budgeting

Komentar