Pemkab Lampung Utara Sosialisasi Pelaksanaan SPI

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengadakan sosialisasi pelaksanaan survei penilaian integritas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sosialisasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Inspektorat ini di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Drs. H. Lekok, MM, mewakili Bupati H. Budi Utomo, SE, MM, dan berlangsung di Aula Siger Pemkab setempat, Kamis 25 Agustus 2022.

Dalam acara itu Sekda Lekok menyampaikan sambutan Bupati Lampung Utara bahwa pencegahan dan pemberantasan korupsi telah menjadi agenda besar bagi pemerintah sejak dahulu, upaya pencegahan dan memberantas korupsi ini akan lebih efektif apabila seluruh pihak memahami dan menutupnya sekecil apapun celah-celah potensi praktik korupsi dengan mengedepankan dan menunjukan integritas.

Survei penilaian integritas (SPI) ini hadir sebagai upaya penilaian integritas institusi, survei penilaian integritas merupakan kegiatan survei dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bertujuan untuk menilai tingkat integritas pada suatu instansi atau lembaga pemerintahan.

Bupati berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh mengingat pentingnya kegiatan ini,sehingga semua materi yang diperoleh dapat dimengerti dan dipahami mari kita perkuat semangat kebersamaan kita,dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan dan selalu berfikir positif dalam menyikapi isu yang berkembang saat ini.

Sementara itu Inspektur Kabupaten Lampung Utara menyampaikan, bahwa SPI merupakan survei untuk memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang memiliki hasil akhir berupa rekomendasi perbaikan system pencegahan korupsi. 

KPK melaksanakan SPI dengan bekerjasama dengan Inspektorat atau pengawas Internal disetiap instansi. Pelaksanaan kerjasama ini merupakan indikator Penguatan Implementasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

“Untuk itu saya mengajak kepada para kepala OPD dan camat se-kabupaten Lampung Utara untuk mensosialisasikan secara masiv baik di internal dan eksternal  terkait SPI ini,” kata M. Erwinsyah. (Iin Solihin)

Komentar