Terdakwa Kasus Proyek Jalan Tidak Terbukti Bersalah, Hakim Beri Vonis Bebas

Lampung Utara – Perjalanan panjang perkara ini setelah keduanya memenangkan praperadilan yang menyatakan penetapan tersangka tidak sah, namun karena terbitnya sema perkara pokok harus terus disidangkan.

Alhamdulilah putusan perkara pokok linier atau berbanding lurus dengan putusan praperadilan. Penuntut umum tidak dapat membuktikan kerugian negara menurut hukum. Hakim memutus telah berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan, kata Karzuli Ali, SH, Ketua Peradi Kotabumi, Rabu 8 Juni 2022.

Lebih lanjut disampaikannya, Persoalannyakan dalam perkara ini menurut jaksa ada kerugian negar, hari ini kita saksikan bersama majelis hakim PN Tanjung Karang telah menyatakan jaksa tidak dapat membuktikan unsur kerugian negara.

Karena salah satu unsur dari kedua dakwaan berkaitan dengan kerugian negara tidak terpenuhi maka sudah tepat dan benar hakim melepas atau membebaskan terdakwa menurut hukum.

Jaksa penuntut umum Kejari Lampug Utara tidak dapat membuktikan kerugian negara menurut hukum. Unsur menguntungkan diri sendiri dan atau orang lain secara melawan hukum dan unsur merugikan keuangan negara tidak terbukti, ungkapnya. (Iin)

Komentar