Terlibat Kasus Korupsi P3TGAI, Polres Lampung Timur Tahan Dua Oknum Kades

Lantaran diduga terlibat dan turut serta dalam kasus tindak pidana korupsi pada proyek bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dua oknum kepala desa ditetapkan sebagai tersangka. 

Sebagaimana disampaikan Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution didampingi Kasat Reskrim Johannes EP Sihombing dan Kanit Tipikor Ipda Hendra Abdurahman, saat merilis penetapan atas perkembangan kasus tersebut pada, Kamis 18 Agustus 2022.

Kedua oknum kepala desa itu berasal dari Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Keduanya saat ini telah ditahan karena diduga turut serta membantu dan mengambil keuntungan dari proyek bantuan P3-TGAI yang dialokasikan di kabupaten setempat.

“Setelah WY, oknum anggota DPRD Lampung Timur ditahan, sesuai janji saya akan ada tersangka baru, hari ini SG oknum Kades Rejo Agung dan PW Kades Sumber Rejo, Kecamatan Batanghari kita tahan,” kata Kapolres AKBP Zaky Alkazar Nasution.

Keduanya melanggar pasal 12 huruf e atau 12 huruf b jo pasal 15 Undang-Undang RI nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana di rubah dengan Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberatasan tindak pidana korupsi dengan ancaman paling sedikit 4 tahun, lanjut Kapolres.

Sebelumnya, Polres Lampung Timur juga telah mengamankan oknum Anggota DPRD Lampung Timur berinisial WY atas dugaan tindak pidana korupsi pada proyek bantuan P3-TGI tersebut.

Para tersangka dalam kasus ini diduga kuat sudah melakukan pungutan uang bantuan program P3-TGAI secara paksa kepada para penerima program, masing-masing sebesar Rp15 juta sampai Rp20 juta perdesa yang terjadi di 10 desa, ungkap Kapolres. (Harun Alrasyid)

Sebelumnya : Terlibat Kasus Korupsi, Oknum Anggota DPRD Lampung Timur Diancam 20 Tahun Penjara

Komentar