Wakil Bupati Pesisir Barat Buka Pelatihan Buta Aksara Baca Al-Qur’an

PESISIR BARAT (RL) – Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, yang diwakili oleh Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, SH, menghadiri dan membuka acara pelatihan memberantas buta aksara Indonesia bisa baca Al-Qur’an di Kabupaten Pesisir Barat.

Acara pelatihan dalam upaya memberantas buta aksa Indonesia bisa baca Al-Qur’an ini dilaksanakan di dua tempat yakni di Sekretariat BKMT Pesisir Barat dan di OR Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Sabtu (03/07/2021).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pesisir Barat, Zulqoini Syarif menyampaikan, bahwa melalui BKMT ini yang merupakan salah satu langkah konkrit dalam mengelola organisasi sosial keagamaan yang bergerak di bidang dakwah. BKMT memiliki visi memberantas buta aksara Al-Qur’an di Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat baik dari lingkungan keluarga, sekolah maupun dilingkungan masyarakat khususnya Kabupaten Pesisir Barat sebagai Negeri Para Sai Batin bersama Para ulama untuk dapat mendorong anak-anak selaku penerus banga untuk selalu membaca, mempelajari isi kandungan Al-Qur’an dan mengamalkannya sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kemudian sebagaimana diketahui bahwa salah satu penyebab merosotnya moral generasi muda saat ini, dikarenkan anak-anak dan remaja mulai enggan mengaji dan mengkaji ayat suci Al-Qur’an. Sehingga membuat mereka buta akan ilmu aksara Al-Qur’an serta kurang memahami isi dan makna Al-Qur’an tersebut.

Maka dari itu dapat membuat akhlak dan prilaku mereka menjadi kurang bagus terhadap orangtua, saudara, teman dan lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan demikian mari kita tingkatkan kecintaan kita terhadap al-quran dengan mengaktifkan kembali tpa, surau, mushola sebagai tempat belajar mengaji.

Selanjutnya Pun Zulqoini juga menyampaikan, jadikan BKMT ini sebagai ladang amal ibadah, sehingga kita dapat memetik hasilnya dalam tutur kata dan perilaku kita sehari-hari.

Saya mengingatkan kepada pengurus BKMT Kabupaten Pesisir Barat hendaknya dapat bekerja dengan penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembinaan majelis taklim di wilayah ini. mari kita jaga dan tingkatkan ukhuwah islamiah kita supaya selalu terjaga keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, ungkapnya.

Turut hadir langsung pada acara tersebut Ketua BKMT Pesisir Barat, Hj. Septi Istiqlal beserta anggota serta para peserta pelatihan memberantas buta aksara indonesia bisa baca Al-Qur’an di Kabupaten Pesisir Barat. (M Riki/RD)

Komentar