Warga Kalianda Antusias Terima Bantuan Air Bersih

LAMPUNG SELATAN – Sejumlah masyarakat Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda antusias menerima bantuan sosial berupa air bersih dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung.

Salah satu warga Desa Merak Belantung, Surtini, di Lampung Selatan, Senin menyatakan bahwa bersama warga setempat mengucapkan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan peduli terhadap warga yang terdampak kekeringan.

“Alhamdulillah terima kasih, semoga bantuan air bersih ini berlanjut hingga musim kemarau ini selesai,” kata dia.

Ia menjelaskan bantuan tersebut bermanfaat untuk warga sekitar, karena saat ini mereka kesulitan untuk mencari sumber air akibat musim kemarau.

“Sudah tiga bulan kekeringan, jadi kami sehari-hari kami ngirit (hemat) air untuk mandi dan mencuci pakaian, dan ada yang ke sungai mandinya harus dikit-dikit untuk menghemat air,” kata dia.

Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah mengatakan pihaknya akan merespons cepat keluhan warga terkait dengaa kebutuhan air bersih.

“Air bersih yang kali ini kami salurkan di Desa Merak Belantung sebanyak 5.000 liter, dan hingga saat ini petugas masih melakukan penyaluran air ke desa-desa yang mengalami kekeringan,” katanya.

Ia mengatakan pasokan air bersih akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau.

“Pasokan air bersih ini adalah bantuan dari Pemerintah Daerah Lampung Selatan dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau,” ujarnya.

Dia menjelaskan setelah mendapatkan laporan tentang masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, pihaknya segera mengirimkan bantuan tersebut untuk warga. (Gunawan/ant)

Komentar