oleh

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar Menghadiri Musrenbang RKPD Tahun 2024

MESUJI – Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja perangkat daerah (RKPD) Tahun 2024.

Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kabupaten Mesuji ini berlangsung di Gedung Serbaguna Taman Kehati, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjug Raya pada, Senin (27/03/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo, Dandim 0426/Tulang Bawang Letkol Inf Triono Iqbal, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah, Kepala Kejari Mesuji Azi Tyawardana, dan beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Mesuji.

Dalam kegiatan ini Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengucapkan, Selamat Datang Kepada Gubernur Lampung yang di wakili oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan di Kabupaten Mesuji beserta rombongannya.

“Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Kabupaten Mesuji mengusung tema ‘Penguatan Perekonomian Daerah yang Bertumpu Pada Peningkatan Produktifitas Pertanian, dengan keadaan APBD terendah kami berharap mampu bersaing dengan kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Lebih lanjut Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyampaikan, dari kebijakan tersebut akan di implementasikan pada usulan program dan kegiatan yang tertuang pada dokumen perencanaan sesuai bidang kewenangan dari masing masing perangkat daerah dari berbagai sumber pendanaan Baik APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

“Indeks Pembangunan Manusia IPM yang ada di kabupaten Mesuji tahun 2022 adalah yang terendah di Provinsi Lampung namun kecepatan pertumbuhan IPM di Kabupaten Mesuji periode Tahun 2016-2022 adalah yang tertinggi di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Disektor infrastruktur bidang jalan kondisi jalan baik dan sedang hanya 133 KM dengan tingkat kemantapan 23,7 persen sisanya 429 KM Kondisi rusak ringan dan rusak berat atau 76,3 persen tidak mantap di harapkan pada akhir 2023 secara bertahap kemantapan jalan kabupaten Mesuji dapat meningkat menjadi 29,11 persen atau mengalami kenaikan 5,41 persen, jelas Sulpakar.

Pada kesempatan itu juga Penjabat Bupati Sulpakar mengucapkan, terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah banyak mengarahkan kegiatan pembangunan untuk Kabupaten Mesuji pada Tahun 2023 dari data distribusi anggaran yang di alokasikan provinsi ada sekitar 38 miliar anggaran yang di alokasikan di Kabupaten Mesuji.

Semoga Tahun 2024 Kabupaten Mesuji terus dapat menjadi lokasi rioritas dalam rangka mendukung capaian pembangunan di provinsi Lampung, ujarnya.

Mewakili Gubernur Lampung Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menyampaikan, apresiasi yang luar biasa atas capaian yang telah diraih oleh Kabupaten Mesuji atas beberapa penghargaan yang telah di terima.

“Di usia yang relatif muda Kabupaten Mesuji dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa dengan angka kemiskinan yang paling rendah di provinsi Lampung artinya masyarakatnya bisa memenuhi kebutuhan secara mandiri,” ucap Mulyadi Irsan.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan berharap Kabupaten Mesuji akan semakin maju dan berkembang di tahun yang akan datang.

“Saya berharap Kabupaten Mesuji semakin maju dan berkembang di tahun yang akan datang, seperti diketahui Tingkat kemiskinan ekstream Kabupaten Mesuji merupakan yang terendah di provinsi Lampung, pertumbuhan ekonomi kabupaten Mesuji meningkat cukup baik sebesar 3,49 persen menempati ke 12 se-Provinsi Lampung dibandingkan tahun 2021 sebesar 2,84 persnedan tahun 2020 sebesar minus 1,35 persen Perekonomian Kabupaten Mesuji Masih di topang oleh sektor pertanian sebesar 39,79 persen dan sektor jasa menjadi sektor dengan laju pertumbuhan tertinggi 27,59 persne,” papar Mulyadi Irsan. (ADV)

Komentar

Realita Lampung