Panorama Indah Alam Jogya

 

Realita Lampung (Jogja) – panorama alam Jogja tidak hanya dikenal punya makanan enak, tapi juga wisata murah meriah. Tempat wisata indah dengan panorama alam yang bikin takjub. Yuk, lihat tempat wisata jogja yang seru.

Mampir ke Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi tempat wisata alamnya. Di sini bisa berfoto sambil memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Ada rencana berlibur ke Jogja? Yuk, simak beberapa tempat wisata Jogja 2019 yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber:

 

Salah satu wisata Jogja kota yang terletak di sebelah selatan ini terdapat destinasi wisata favorit, yaitu Seribu Batu Songgo. Nama Songgo Langit memiliki arti memangku langit, yang mana wisatawan dapat melihat pemandangan perbukitan yang luas dan pepohonan tinggi. Di sini kamu akan disuguhi dengan spot foto keren dan tempat makan yang ditemani dengan pemandangan nan indah.

Di sini kamu akan disambut dengan rumah seribu kayu, rumah hobbit, jembatan panjang yang juga terbuat dari kayu, panggung alam, taman bunga tumpah yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto menarik. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati wisata adrenalin seperti flying fox untuk anak-anak dan ayunan yang cukup besar.

Rute yang bisa kamu ambil melalui jalan Imogiri dan mengikuti papan petunjuk kawasan wisata ini. Tempat wisata ini terletak di bawah Hutan Pinus Mangunan. Untuk harga, kamu perlu merogoh kocekmu sebesar Rp 2.500 ditambah biaya parkir Rp 2.000. Untuk harga tiket wahana sekitar Rp 2.000-5.000. Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Jam Buka : 06.00 – 17.00 WIB.

 

Masih di sekitaran wilayah Bantul, rupanya di sini terdapat juga wisata Jogja hits yang dikunjungi banyak wisatawan lokal dan wisatawan asing. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka dengan foto hits di Instagram. Di sini kamu akan disuguhkan dengan spot Hutan Pinus Pengger berupa lilitan akar yang berbentuk tangan dewa dan spot gerbang yang dihiasi lampu.

Selain berkunjung di siang hari, kamu juga bisa datang pada malam hari, karena gemerlap lampu dari panorama sekitar. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba untuk berkemah di sini tanpa harus lelah pergi ke gunung dengan biaya sekitar Rp 150.000/orang. Sedangkan, untuk harga tiket masuk dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 dan biaya parkir sekitar Rp 2.000 – Rp 20.000 tergantung jenis kendaraan. Rute ke tempat wisata ini dapat melalui tiga jalur, yaitu melalui Jl. Wonosari, Jl. Pleret-Pathuk dan Jl. Dlingo-Patuk atau Jl.Pleret-Patuk. Alamat : Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Buka Pukul : 06.00 – 24.00 WIB.

 Goa Jomblang Yogyakarta, buat kamu yang suka dengan tantangan, Goa Jomblang cocok untuk kamu kunjungi nih Detikers. Tempat wisata ini memiliki kedalaman antara 15-80 meter. Selain aktivitas yang menantang, kamu juga disuguhi dengan pemandangan alam dari cahaya matahari yang masuk dan memancar ke dalam gelapnya goa bagaikan cahaya dari surga. Tak hanya itu, kamu juga akan melihat pemandangan hutan purba.

 Untuk dapat ke sini kamu harus mempersiapkan dana untuk jasa pemandu dan peralatannya sekitar Rp 45.000 – 1.000.000 per orang tergantung fasilitasnya. Tapi, jika kamu memiliki peralatan pribadi, cukup minta izin dengan kepala desa di sana. Sedangkan, biaya parkir cukup membayar sebesar Rp 3.000/motor. Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55893, Jam Buka : 08.00 – 14.00 WIB.

 

Kurang lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan alam yang menyejukkan badan dan pikiran. Maka, tempat wisata alam Air Terjun Sri Gethuk ini patut kamu kunjungi. Untuk berkunjung ke sini, kamu bisa menuju ke Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pasar Playen lalu ikuti papan petunjuk menuju Air Terjun Sri Gethuk.

Terdapat 2 jalur untuk menuju ke tempat wisata ini setelah memasuki area parkir antara lain jalur pertama dengan tracking jalanan di antara hamparan sawah dan anak tangga. Sedangkan, jalur kedua, menyusuri Sungai Oyo dengan rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas dengan biaya sekitar Rp 10.000 / pulang-pergi.

Biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000 (tambahan tiket masuk ke Goa Rancang Kencono). Jika kamu tertarik dengan paket wisata yang ditawarkan, kamu bisa mengeluarkan sekitar Rp 30.000 dengan tambahan pemandu wisata. Alamat : Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta,  Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB.

Tak perlu jauh-jauh keliling dunia, kamu cukup datang saja nih ke satu tempat wisata jogja murah yang menyediakan berbagai macam landmark atau ikon terkenal kota besar di dunia. Ikon-ikon tersebut antara lain Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Big Ben, dan masih banyak lagi.

Landmarak tersebut dikelilingi dengan taman bunga warna warni yang cocok untuk kamu jadikan spot foto. Untuk menuju ke sini kamu cukup menempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja. Biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang dan Rp 10.000/orang untuk ke kids waterpark. Dan, biaya parkir dikenakan sebesar Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582, Jam Buka : 09.00 – 16.30 / weekdays, 08.30 – 17.00/ weekend.

 Hutan Mangrove Kulon Progo, Hutan mangrove atau lebih dikenal juga dengan sebutan hutan bakau ini terletak di kawasan antara Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. Awalnya hutan ini sebagai wilayah konservasi untuk pencegahan abrasi. Tapi, karena memiliki panorama yang indah jadilah hutan ini sebagai tempat wisata. Di sini kamu bisa menikmati semilir angin dan senja. Kamu juga bisa menyeberangi Jembatan Si Api-Api yang berasal dari nama jenis hutan mangrove yaitu api-api.

Di sana kamu juga akan disambut dengan Goa Mangrove, replika menara eiffel dari bambu, atau menyusuri Pantai Kadilangu. Kamu cukup menyiapkan biaya tiket untuk masuk ke salah satu wisata Jogja murah ini sekitar Rp 5.000/per orang , Rp 5.000 untuk naik kapal. Untuk biaya parkir sekitar Rp 2.000/motor dan Rp 10.000/mobil. Alamat : Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB.

Taman Sungai Mudal, Masih berada di daerah Kulon Progo, kamu bisa mampir ke Taman Sungai Mudal berupa wisata air terjun dan kolam pemandian mata air yang terpancar dari kedalaman goa di daerah Mudal. Di sini kamu akan disuguhi dnegan jernihnya warna air dan pemandangan Tebing Gunung Kelir.

Jangan khawatir di sini juga disediakan kolam renang untuk anak-anak dan dewasa dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Kamu juga bisa menikmati fasilitas seperti flying fox, river tubing hingga berkemah. Rute yang bisa kau tempuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih dari Kota Jogja. Kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 6.000/orang dan biaya parkir Rp 2.000/motor, Rp 3.000/mobil.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta (https://www.detik.com/tag/yogyakarta) 55674, Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB. (***)

Sumber: detik.com

Komentar