oleh

Desa Ratu Abung Dicanangkan Sebagai kampung Literasi GP3M Lampung Utara

Realita Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mencanangkan Desa Ratu Abung, Kecamatan Abung Selatan sebagai Kampung Literasi Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Pendidikan Perempuan Mandiri (GP3M).

Pencanangan Kampung literasi GP3M yang berlangsung, Kamis 3 Desember 2020 itu mewakili Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM, Asisten II Azwar Yazid, MM, dan dihari oleh forkopimda kabupaten setempat.

Pada kegiatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Mikael Saragih menyampaikan, bahwa pelaksanaan sarasehan GP3M dan dan Pencanangan Kampung Literasi itu berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, dan peraturan-peraturan lainnya.

Dalam sambutannya, Azwar Yazid yang mewakili Bupati H. Budi Utomo, SE, MM, menyampaikan, bahwa kampung literasi GP3M tersebut bertujuan meningkatkan kecakapan personal, akademik, sosial dan vokasional mengurangi dampak resiko sosial kelompok perempuan marginal meningkatkan potensi sumber daya masyarakat melalui berbagai kegiatan keterampilan Mengubah wawasan berpikir cara pandang perempuan dalam menyikapi persoalan Kehidupan sehari-harinya.

Melalui Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan para perempuan sehingga dapat memunculkan kelompok-kelompok usaha mikro yang dapat mendukung ekonomi keluarga.

Sedangkan dengan adanya penyelenggaraan kampung literasi harapannya adalah meluasnya informasi kepada masyarakat tentang kampung literasi, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung literasi dan pembelajaran akademik dan keterampilan meningkatnya aktivitas pemenuhan pendidikan, pembelajaran dan ekonomi masyarakat, paparnya.

Acara itu diikuti oleh perwakilan didik Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) yang berasal dari 10 Pusat Kegiatan Belajar Masyaraka (PKBM) di Kabupaten Lampung Utara, dan Program Desa Vokasi di Sanggar Kegiatan Masyarakat. Selain itu juga diikuti secara virtual di 23 kecamatan se Kabupaten Lampung Utara melalui Pusat Kegiatan Gugus dari masing-masing kecamatan. (Budi/Red/*)

Komentar

Realita Lampung