oleh

Pesona Wisata Danau Ranau


Siapa yang tidak mengenal pulau Sumatera. Kawasan paling barat di Indonesia itu ternyata mempunyai keindahan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Mulai dari ujung utara hingga ujung selatan. Panorama yang dimiliki tidak kalah dengan yang dihadirkan di berbagai pulau di Indonesia.

Wisata Danau Ranau
Keindahan utama yang bisa dilihat langsung saat datang ke tempat ini adalah air danaunya yang berwarna biru. Kejernihannya memang mampu menggoda siapa saja yang datang untuk langsung masuk ke dalam air. Selain itu, kalian juga akan disuguhkan dengan keindahan panorama alamnya yang spektakuler.


Cobalah lihat ke sebelah timur, sobat native bisa melihat kemegahan Gunung Seminung. Perpaduan antara gunung dan danau akan terasa saat cuaca sangat cerah. Sungguh elegan dan menawan hati. Inilah dia momen yang tidak boleh sama sekali di lewatkan. Karena, ada pula momen munculnya pelangi yang menambah keindahan panorama alam ini.

Nah, di sini juga merupakan surganya bagi para pemancing lantaran di dalam danau hidup berbagai macam jenis ikan yang bisa ditangkap dan di santap. Oleh karena itu, tak heran bila kebanyakan mata pencaharian warga sekitar adalah nelayan.


Ikan-ikan yang bisa di temui di kawasan ini adalah ikan mujahir, arogan kepirat, dan semah. Biasanya para nelayan ini akan menjual ikan hasil tangkapannya ke restoran yang tidak jauh dari danau. Tidak hanya itu saja, bagi kalian yang ingin membelinya juga bisa melalui para nelayan ini.


Luas dari danau ranau sendiri adalah 125 km persegi dan memiliki kedalam kurang lebih 229 meter. Dalam sekali bukan tempat ini. oleh karena itu, bila sedang mencari ikan bersama nelayan diharapkan untuk berhati-hati biar tidak tercebur ke dalam air danau.

Sejarah mencatat bila asal mula dari danau ini terbentuk akibat dari letusan gunung yang sangat dahsyat sehingga mencipatakan sebuah cekungan besar. Dari cekungan inilah terisi beberapa air dan menjadi sebuah danau elegan untuk dinikmati menarik sekali bukan.


Danau ini memang seperti air laut di pantai yang mempunyai ombak cukup tenang. Oleh karena itu sangat ramah digunakan sebagai tempat berenang. bagi yang tidak ingin berisiko, pihak pengelola sudah membangun sebuah waterpark di kawasan ini. Sehingga, kalian bisa berenang sepuasnya di sana.

Bisa juga berendam di sumber air panas yang tersedia tidak jauh dari kawasan ini. Tetapi, kalian wajib naik kapal terlebih dahulu untuk bisa mencapai tempat tersebut. Ada dua pilihan yang disediakan. Pertama pengunjung bisa menyewa sendiri kapal yang ada disini dan nikmati secara langsung sumber mata air dari kaki gunung seminung.


Bisa pula mengikuti rombongan yang sudah ada sehingga hanya bisa mandi di air hangat ini. menariknya lagi, air panas ini bisa juga untuk merebus telur sampai matang lho. Sudah bisa kebayang bukan bagaimana panasnya kawasan ini.

Selanjutnya adalah arung jeram. Dari dermaga banding agung ada sebuah aliran sungai yang cukup deras. Sehingga, bisa digunakan untuk olahraga arung jeram. Arus sungai ini berasal dari danau ranau. Dan ada dua arus yang akan ditawarkan. Arus besar dan kecil. Bila menggunakan arus besar dengan rute yang panjang, maka, kalian wajib menyewa perahu karet dan berbagai macam peralatan keselamatan lainnya.


Bila memilih arus kecil atau rute yang pendek. Kalian hanya perlu meluncur di arus yang cukup pendek dan akan diberikan serta pelampung sebagai pelindung saat melintasi air sungai yang bikin geregetan ini.

Salah satu yang menarik dari olahraga ini adalah keseruan serta kalian bisa melihat berbagai macam pemandangan nan elok. Pokoknya dari awal sampai akhir itu adanya hanya rasa deg-degan dan decak kagum. Rasa yang pasti ingin kembali terulang di kemudian hari nanti pastinya.


Jangan lewatkan pula sesebik hill. Sobat native akan disajikan dengan pesona alam luar biasa yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun. di sini, sudah di bangun beberapa fasilitas menarik seperti gardu pandang yang bisa melihat betapa luas dan indahnya negei sumatera selatan ini.

Terkandung sebuah misteri dan mitos mengenai asal muasal danau yaitu sosok ular naga yang bersarang di sebuah gua di dasar danau. Lalu, ada juga yang bercerita tentang sebuah burung raksasa hinggap di sebuah pohon besar. Setelah di tebang pohon tersebut akhirnya mengeluarkan air sehingga terbentulah menjadi sebuah danau.


Menikmati danau ranau memang wajib untuk menginap. Nah, disekitar kawasan sudah sangat ramah penginapan dengan berbagai macam fasilitas. Diantara rekomendasi yang bisa diberikan disini adalah Penginapan aulia danau ranau. Kalian akan di buat betah tinggal disini. karena, penginapan ini menghadirkan sebuah tempat yang tenang, teduh, dan seperti berada di rumah sendiri.


Kemudian ada juga Wisma Pusri Varita yang terletak di pinggir danau. Ada berbagai macam tipe yang bisa dipilih dengan harga yang tidak terlalu mahal. Pesona danau benar-benar akan terlihat begitu indah nan elok.

Ada juga seminung lombok resort. Dari namanya saja sudah bisa mencerminkan bagaimana keindahan kawasan ini. hotel satu ini memiliki segala fasilitas super lengkap dengan harga yang terjangkau. Disini pula, Kalian akan disuguhkan bagaimana keindahan gunung seminung. Apalagi saat pagi dan sore. Pemandangan alamnya memang sempurna.
Selain itu, kawasan ini juga menyediakan fasilitas berupa kolam renang, gedung pertemuan yang bisa di sewa untuk segala kegiatan. Pokoknya semua fasilitas disini benar-benar mantap dan tidak akan mengecewakan.

Untuk harga tiket masuknya sendiri gratis tetapi untuk beberapa wahana Kalian harus bayar. Seperti menyewa perahu dengan harga 300 ribu rupiah. Atau menikmati wahana waterboom dengan membayar uang sebesar 50 ribu rupiah. dan masih banyak lagi keseruan yang diwajibkan untuk membayar tiket masuknya.


Danau ranau adalah kawasan elok nan indah yang ada di sumatera selatan. Mengunjungi tempat ini memang tidak akan pernah ada ruginya. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan danau ranau sebagai salah satu list liburan Kalian ya.
Sumber : NativeIndonesia.Com

Komentar

Realita Lampung