oleh

Destinasi Wisata di Kebumen Yang Lagi Ngehits

Realita – Kebumen adalah salah satu ‘permata’ tersembunyi di Jawa Tengah. Berada di sisi selatan pulau Jawa, destinasi wisata di Kebumen didominasi dengan pantai. Namun demikian, kabupaten yang berjarak sekitar 101 kilometer dari Yogyakarta ini juga memiliki daya tarik wisata lain yang tidak kalah keren.
Akses menuju ke Kebumen juga cukup mudah. Dari Jogja, Kebumen dapat dicapai dalam waktu sekitar dua hingga tiga jam dengan melewati Jalan Raya Wates menuju Purworejo dan Kutoarjo. Di samping itu, kamu juga bisa naik kereta api ‘Joglokerto’ jurusan Purwokerto atau ‘Wijayakusuma’ dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam.
Bagi yang tertarik mengunjungi destinasi wisata di Kebumen yang tidak kalah keren dari yang dimiliki Jogja, berikut sejumlah spot yang layak untuk direkomendasikan. Dijamin seru dan Instagrammable, lho!

  1. Spot fotogenik dengan cuaca sejuk – Waduk Sempor
Image credit: @ilham_maullana


Kebumen berada di wilayah yang dekat dengan pantai, maka wajar kalau udara di Kebumen tergolong lembab dan gerah. Namun, ada tempat yang menawarkan kesejukan, serta pemandangan matahari terbit yang indah, yaitu Waduk Sempor.
Lokasinya terletak di perbukitan dengan ribuan pohon pinus. Waduk ini merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara atau Sungai Sempor, Sungai Cicingguling, dan Samudra Hindia.
Keberadaannya sangat penting untuk mengairi ribuan sawah di wilayah Kabupaten Kebumen bagian barat. Selanjutnya, Waduk Sempor mungkin akan menempati posisi penting untuk feeds Instagram-mu, apalagi kalau kamu bisa menemukan spot yang keren seperti foto di atas.
Lokasi: Waduk Sempor, Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Memandang garis pantai dari ketinggian – Bukit Hood
    Bukit Hood, Hud, atau Uhud adalah bukit yang berada di ketinggian 150 mdpl (meter di atas permukaan laut). Dari ketinggian, kamu bisa menikmati pemandangan yang mengesankan akan pesisir selatan Pulau Jawa.
Image credit: @dickylamborghini


Ada juga spot menarik yang dibuat warga lokal, yaitu anjungan untuk para pengunjung agar bisa melihat garis pantai dengan lebih jelas. Tentu saja, view yang menawan ini tidak disia-siakan oleh para penggemar fotografi. Lokasinya cukup mudah dijangkau kok, yaitu dekat dengan Pantai Karangbolong.
Lokasi: Desa Karangbolong, Buayan, Karangtengah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Seru-seruan bersama teman atau keluarga – Brujul Adventure Park


Dulunya, kawasan Brujul Adventure Park (BAP) dikenal sebagai tempat berkemah. Masyarakat setempat senang berkunjung ke BAP karena terdapat gua dan curug untuk bertualang.
Pada tahun 2017, destinasi wisata di Kebumen ini diresmikan ulang sebagai taman wisata dengan fasilitas-fasilitas yang lebih modern, termasuk wahana permainan sepeda layang, flying fox, dan panahan. Terdapat pula gazebo untuk kumpul keluarga. Tentu saja, yang paling menarik dari BAP adalah cuacanya yang lumayan sejuk
Lokasi: Jl. Raya Peniron, Ladang, Peniron, Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Seperti menembus kayangan – Bukit Langit
Image credit: @rizkiclarisaaa


Ingin melihat Pegunungan Serayu Selatan, Bukit Condong, dan Perbukitan Padureksa dengan jelas? Bukit Langit solusinya!
Naik ke bukit berketinggian 360 meter Mdpl, kamu akan merasakan kesegaran udara yang bebas dari polusi selayaknya di perkotaan. Tak heran, berbagai komunitas fotografi maupun pecinta alam kerap menjadikan Bukit Langit Karanggayam sebagai lokasi pertemuan.
Lokasi: Giripurno, Kec. Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Menikmati pegunungan tanpa harus mendaki – Bukit Pentulu Indah
    Buat kamu yang ingin melihat gunung kembar Sumbing Sindoro tanpa harus susah payah mendaki, kamu bisa trekking di Bukit Pentulu Indah. Bukit ini merupakan bagian dari Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung.


Dari total luas lahan 20 hektar, lima hektar di antaranya dapat kamu jelajahi untuk mencari titik terbaik menunggu matahari terbit. Untuk itu, berkemah bersama teman-teman di sini bisa kamu jadikan aktivitas akhir pekanmu.
Lokasi: Jl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Mengabadikan mekarnya bunga-bunga – Kebun Bunga Ambal
    Berfoto bersama deretan bunga matahari yang sedang mekar-mekarnya, pasti membuat hatimu turut gembira. Apalagi jika kamu mengenakan outfit yang tak kalah cerah, teman-temanmu pasti iri dan bertanya.


Kebun bunga ini memang belum sebesar Kebun Raya Bogor, dan awalnya hanya merupakan tempat pembibitan tanaman. Namun, setelah ramai pengunjung sekitar satu tahun terakhir, pengelola Kebun Bunga Ambal terus menambah fasilitas untuk para pengunjung, terutama spot berfoto. Tak hanya bunga matahari, kamu bisa menemukan bunga suring, bunga kertas (bougenville), bunga pagoda, dan masih banyak lagi.
Lokasi: Desa Ambalresmi, Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Jangan lupa belajar sejarah kemerdekaan Indonesia – Benteng Van der Wijck


Siapa sangka, sekitar 20 km sebelah barat dari Ibukota kabupaten Kebumen, berdiri kokoh sebuah benteng pertahanan Hindia Belanda? Gedung yang dulunya didirikan untuk menjadi kantor Kongsi Dagang VOC ini, memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari warna dan bentuk bangunannya.
Puluhan pintu dan jendela menjadi fitur menarik bangunan yang kemudian diubah menjadi benteng untuk meredam kekuatan pasukan Pangeran Diponegoro pada masa lampau. Karena struktur bangunan yang sangat baik, Benteng Van der Wijck tidak membutuhkan banyak pemugaran saat dialih-fungsikan menjadi barak TNI Angkatan Darat. Barulah pada tahun 2000, pengelola swasta membuka benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kebumen yang cukup ikonik.
Lokasi: Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayutengah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Wisata gua yang masih alami – Gua Petruk
    Salah satu bukti Kebumen tidak hanya memiliki pantai dan perbukitan, tetapi juga situs geologi berupa gua-gua di Kawasan Karst Gombong Selatan.


Dari sekian banyak gua yang terletak di daerah ini, Gua Petruk merupakan gua yang paling dijaga kealamiannya. Bahkan pengelola memutuskan untuk tidak memasang penerangan di dalamnya. Maka dari itu, untuk menikmati stalaktit dan stalagmit yang didominasi dengan bentuk seperti hidung wayang Petruk ini, pengunjung dapat menggunakan headlamp dan helm khusus yang disediakan oleh petugas. Selain itu, ada baiknya kamu mengenakan baju tahan air karena di dalam gua, banyak genangan air yang harus kamu lewati. Menantang adrenalin, dan pasti mengasyikkan!
Lokasi: Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Tempat melampiaskan emosi saat putus cinta – Bukit Jerit
    Lho kok begitu? Iya, karena letaknya berada di jauh di atas ketinggian, kalau pun kamu ingin menjerit-jerit karena tidak terima diputusin, tidak akan ada orang yang mendengar, hehe.


Bukit ini terkenal dengan rerumputan yang hijau, sehingga kamu juga bisa berbaring di padang rumput dan memandang langit atau laut lepas. Bukit ini lebih mudah untuk kamu akses dari kompleks wisata Pantai Pasir. Akan tetapi, saat turun, kamu bisa sekalian mencari Pantai Pamuran yang lebih sepi dan belum banyak dijamah wisatawan.
Lokasi: Dusun Ketanggung, Desa Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Keindahan air terjun yang bertingkat – Curug Plumbon
    Masyarakat setempat biasa menyebut air terjun ini dengan nama ‘Curug Kali’. Berjarak sekitar 4 km dari Pemandian Air Panas Krakal, air terjun ini terdiri dari dua tingkat dengan batuan kali yang bertumpuk-tumpuk.


Di antara undakan air terjun, terdapat ‘kolam’ tampungan air yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Lanskap curug yang tidak biasa juga menjadikan air terjun ini sebagai salah satu destinasi wisata di Kebumen yang Instagenik. Belum lagi pemandangan hijau yang berada di sekelilingnya. Sejuk banget!
Lokasi: Area Hutan, Plumbon, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Ini bukan di Bali, tapi di Kebumen – Pantai Surumanis


Pantai Surumanis sering disebut sebagai ‘Tanah Lot-nya Kebumen’ karena memiliki pasir coklat kehitaman. Jika kamu berkunjung ke sini, sebaiknya kamu mengenakan alas kaki yang nyaman karena kamu harus berjalan kaki melewati bukit berbatu sebelum mencapai bibir pantai. Justru karena aksesnya yang agak sulit, pantai ini tergolong lebih sepi daripada pantai-pantai lainnya.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Sekadar bersantai atau berjalan berkeliling pantai, bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Banyak spot foto dengan background yang Instagenik, lho!
Lokasi: Perbatasan Desa Pasir dan Desa Srati, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Pantai sempit tapi tetap asyik – Pantai Lampon


Buat kamu yang hobi berjalan-jalan menyusuri pinggir pantai, Pantai Lampon merupakan pantai yang tidak akan membuatmu kelelahan. Pasalnya, garis pantainya tidak sampai 100 meter.
Pantai ini juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Jika air sedang surut, kamu juga bisa mencoba menyusuri gua yang ada di sini, tentunya dengan didampingi oleh pemandu wisata, ya!

Lokasi: Dusun Hutan, Desa Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Berwisata sambil memancing – Pantai Pecaron


Memancing menjadi salah satu aktivitas asyik yang bisa kamu lakukan di salah satu destinasi wisata di Kebumen ini. Sejarahnya sebagai tempat pelelangan ikan menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan.
Pantai yang tersembunyi ini di balik tebing yang menjulang ini juga memiliki pemandangan yang cantik. Dengan pasir berwarna hitam, dipagari pohon kelapa, kamu bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan ombak yang aman untuk berenang.
Lokasi: Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Serasa pantai pribadi – Pantai Gebyuran


Konon Pantai Gebyuran tidak terlalu populer karena untuk menjangkaunya harus melewati jalan berbukit. Namun begitu, pantai ini menawarkan ketenangan karena terdapat banyak karang yang dapat memecah ombak dari lautan selatan, sehingga arus airnya tidak terlalu kencang.
Berkebalikan dengan Pantai Lampon, di Pantai Gebyuran juga ada gua, yang justru direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim penghujan. Memandangi stalaktit yang mengucurkan air dari pegunungan kapur di sekitarnya, sensasinya mendebarkan!
Lokasi: Desa Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

  1. Destinasi ngehits yang tidak boleh dilewatkan – Pantai Menganti
    Ada yang menyebut destinasi wisata di Kebumen yang cukup ngehits ini sebagai Selandia Baru-nya Indonesia. Berlebihan? Tidak juga jika kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang pas saat menikmati pesona pemandangan di pantai ini.

Daya tarik yang ditawarkan memang pada pemandangannya. Perpaduan laut dan perbukitan hijau memberi sisi artistik tersendiri. Untuk menambah keseruan, kamu bisa menikmati beragam kuliner seafood dengan banyak warung makan yang menyajikan hasil laut segar. Kamu juga bisa berkemah di salah satu sudut pantai ini dan menikmati nuansa sunrise yang keren banget!

Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Sumber : TripZilla.id

Komentar

Realita Lampung