oleh

DPRD Dorong Pemkab Lampung Tengah Fokus Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Realita Lampung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah agar bisa lebih fokus dalam upaya peningkatan ekonomi kreatif dan memberikan bimbingan guna menumbuhkan sumber daya manusia yang handal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Firdaus Ali, S. Sos, Ketua Komisi III DPRD Lampung Tengah, Senin 8 Februari 2021, foto: A Basuri/ Doc: Realitalampung.com

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua III DPRD Lampung Tengah, Firdaus Ali, S. Sos, yang menyatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah saat ini perlu lebih fokus lagi dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Karena selama ini ekonomi kreatif yang ada masih terkendala oleh sumber daya manusia yang masih kurang memadai.

“Kalau masyarakat bisa berinovasi, memunculkan ide-ide kreatif, masyarakat Lampung Tengah ini bisa maju,” ujar Firdaus, di kediamannya, Minggu (28/3/2021).

Dia juga mengakui bahwa selama ini Pemkab Lampung Tengah telah mempunyai program yang bersifat ekonomi kreatif. Tapi itu sifatnya hanya terbatas di Usaha Kecil Menengah. Dia mencontohkan ekonomi kreatif dimaksud seperti di Kota Metro, yang mempunyai tempat wisata kreatif payungi, dan di Lampung Tengah ada Pasar Karang Endah (Pakare).

“Maksudnya jangan sifatnya mandiri.  Perlu melibatkan Kepala Kampung.  Jangan hanya bagian dari kelompok-kelompok saja,”  jelasnya.

Firdaus memaparkan, seperti pada tempat wisata Pakare sepenuhnya dilakukan masyarakat secara mandiri. Ada juga kegiatan kreatif masyarakat yang disponsori Kepala Kampung yaitu di Kampung Tanjung Anom. Disana kini telah dibangun sebuah tempat wisata berupa sebuah taman yang bisa difungsikan sebagai sarana rekreasi masyarakat.  Tapi seharusnya bisa dikembangkan seperti Taman Gotong Royong di Kelurahan Bandar Jaya Barat yang banyak terdapat berbagai jenis jajanan. 

“Walaupun kita tidak punya sumber daya alam, kita bisa bentuk tempat wisata.  Tapi melibatkan masyarakat banyak,” ujarnya. Menurut Firdaus Ali, di Kabupaten Lampung Tengah membutuhkan tempat wisata yang melibatkan masyarakat sekitar.  Masyarakat bisa berinisiatif mendirikan pasar dan kegiatan ekonomis lainnya. Kemudian ketika ditanya satuan kerja dilingkungan Pemkab Lampung Tengah yang berkompeten dalam hal ini, dia (Firdaus) menyebut sejumlah dinas yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Pedagangan yang harus mengambil peran dan memberdayakan sumber-sumber daya manusia yan dan jika memungkinkan bisa memberikan pelatihan agar perekonomian masyarakat kedepan akan lebih baik. (Willy)

Komentar

Realita Lampung