oleh

Elemen Masyarakat Minta Pemerintah Bersihkan Eks Puskesmas

Realita Lampung – Lahan eks Puskesmas Gunung Sugih bertahun-tahun terbengkalai, saat ini telah ditumbuhi oleh ilalang sehingga tidak sedap dipandang mata, alhasil elemen masyarakat meminta Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui dinas terkait dapat segera melakukan pembersihan.

Ketua LSM Gerakan Masyarakat Cinta Tanah Air (GMCTA) Lampung Tengah Ahmat Basuri mengatakan, seharusnya pihak terkait tidak membiarkan lahan ex Puskesmas Gunung Sugih Terbengkalai. Karena lahan tersebut berada di pusat kota gunung sugih yg merupakan pusat pemerintahan.

“Lahan itu ada di pinggir jalan poros Gunung Sugih Padang Ratu. Jadi siapapun yang melintas bisa melihat jelas lahan ex puskesmas itu dipenuhi ilalang,” tendasnya.

Dia melanjutkan, memang untuk membersihkan tanah ex puskesmas itu bukan hal besar. Tapi seharusnya hal kecil tersebut bisa dikerjakan oleh Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lampung Tengah.

Basuri meminta kepada Dinas terkait agar membersihkan lahan eks Puskesmas itu agar terlihat terawat. Dengan rumput ilalang dan semak belukar yg tingginya lebih dari 1 meter.

“Saya berharap Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lampung Tengah tergerak untuk membersihkan. Malu dong, kalau di pusat kota ada lahan terbengkalai sampai mirip hutan. Padahal itu milik Pemkab,” ujarnya.

Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Lampung Tengah Ramlie saat ditemui di ruang kerjanya Senin (14/06/2021) mengakui lahan ex Puskesmas Gunung Sugih merupakan aset milik Pemkab Lampung Tengah.

Diungkapkan Ramlie, tentang pemeliharaan dan pembersihan adalah kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lamteng. Sedangkan BPKAD Lampung Tengah hanya bertugas menginventarisir aset.

“Memang benar itu adalah aset Pemkab Lampung Tengah. Soal pembersihan ilalang dan sebagainya itu tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Ramlie menyarankan agar mengkonfirmasikan tentang kebersihan dan perawatan lahan eks Puskesmas ke Dinas Lingkungan Hidup.

Awak media segera mengkonfirmasikan ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) Pemkab Lampung Tengah Senin (14/06/2021). Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lampung Tengah Andika Triansyah tidak berada di kantor.

Begitu juga Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah (B2) Agus Faisal, ST dikatakan staff Dinas setempat, sedang ada kegiatan dinas luar.

Staff di Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas LH tersebut mengungkapkan, Kabid hanya bisa ditemui pagi hari.

“Kalau mau bertemu Pak Kabid sebelum jam 9 pagi,” jelasnya. (Willy. D)

Komentar

Realita Lampung