Satgas TMMD Kodim 0412/LU Gelar Penyuluhan Bahaya Covid-19

Realita Lampung – Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0412 Lampung Utara dalam rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021 melaksanakan kegiatan nonfisik dengan menggelar bakti sosial yang dikemas dalam acara sosialisasi atau penyuluhan tentang bahaya wabah covid-19.

Melalui Danramil 412-02/Sungkai Selatan Kapten Inf Syamsuardi, Komandan Kodim (Dandim) 0412 Lampung Utara, Letkol Inf Harry Prabowo, SE, mengatakan, pada hari ini jajarannya melaksanakan kegiatan penyuluhan covid-19 dalam rangkaian kegiatan TMMD ke 111 tahun 2021. Kegiatan sosialisasi atau penyuluhan tentang bahaya wabah covid-19 ini dilaksanakan di Desa Abung Jayo, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, Selasa (22/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0412 Lampung Utara bekerjasama dengan Tim Satgas TMMD dan Tim Kesehatan yang memberikan penyuluhan bahaya covid-19 kepada masyarakat di Desa Abung Jaya dan sekitarnya. Pelaksanaannya pun sesuai dengan standar protokol kesehatan dimasa pandemi saat ini.

Pada acara itu Kapten Inf Syamsuardi juga memberikan motivasi kepada masyarakat agar tetap menjaga dan mentaati protokol kesehatan sebagaimana yang elah ditetapkan pemerintah.

Ikut serta pada kegiatan tersebut, selain Dandim 0412 Lampung Utara yang diwakili oleh Danramil 412-02/Sungkai Selatan, Kapten Inf Syamsuardi, Ns. Eva Karmila Sari, S. Kep, M.Kes. Dinas Kesehatan LU, Babinsa Abung Jayo Sertu Edi Santoso, Kades Abung Jayo Mulyadi, perangkat desa lainnya dan masyarakat Desa Abung Jayo.

Sebelum dimulainya kegiatan penyuluhan, jelas Kapten Inf Syamsuardi, terlebih dahulu bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan rangkaian acara pembukaan oleh dirinya mewakili Dandim 0412/LU, Letkol Inf Harry Prabowo, SE,.

“Pada intinya ditengah masa pandemi ini, mari kita samakan persepsi agar terhindar dari wabah covid-19, bersikap dan waspada. Tetap tenang namun bijak. Hindari kemungkinan terpapar sebisa mungkin. Semoga kita bisa berhasil melawan masa oandemi covid-19 dan semoga kita tetap diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, mari kita tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, mengenai bahaya wabah covid-19, agar kita sama-sama mendengarkan dan melaksanakan apa-apa yang menjadi update peningkatan kasus terbaru Kabupaten Lampung Utara.

Dijelaskan juga oleh Tim Kesehatan, “Protkes penyuluhan ini sangat baik untuk kita ketahui agar terhindar dari covid-19,” ungkap Ns. Eva Karmila Sari, S. Kep, M.Kes. dari Dinas Kesehatan Lampung Utara, yang melanjutkan bahwa perpindahan covid-19 sangat mudah sekali terjadi.

Kita berkaca pada Negara India peningkatan lebih signifikan, untuk itu kita harus memakai masker untuk melindungi orang lain, dan diri kita sendiri, mencuci tangan, menjaga jarak.

Hal yang baik untuk kita terapkan dikeseharian kita, ujarnya. Diawal-awal covid-19 ini, lanjutnya, penularan percikan dahak, batuk, melalui tangan, mengobrol dengan tidak menjaga jarak akan mempercepat (aorosol) percikan penularan. Untuk itu mari kita samakan kata agar kelurga kita terhindar dari wabah covid-19 dengan tetap waspada. Tetap terapkan protkes, pungkasnya. (RL/*)

Komentar