oleh

Kepala Dinas Sosial; Angka Kemiskinan Cepat Turun Dengan Kesadaran Bersama

Kesadaran bersama dalam mendukung program pemerintah untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia cepat terwujud dengan kesadaran diri masyarakat.

Lampung Utara (RL) : Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara dalam merealisasikan berbagai bantuan sosial dimasa pandemi mengacu pada ketentuan yang ditetapkan seperti pada Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, Eka Dharma Thohir mengatakan, bantuan-bantuan yang telah direalisasikan ke masing-masing keluarga penerima manfaat atau KPM sesuai dengan acuan yang ada dan sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang verifikaisnya dilakukan oleh Kementerian Sosial.

“Seperti pada penyaluran bantuan beras atau bantuan smebako yang sudah direalisaiskan beberapa waktu lalu dari Kemensos, itu dilakukan langsung oleh pihak Bulog dan Kantor pos, kita (Dinas Sosial Kabupaten) dimintakan bantuan oleh mereka (Bulog dan Kantor Pos) untuk menurunkan tim pendamping,” ujar Eka Dharma Thohir, Rabu (8/9/2021).

Terkait data penerima bantuan tersebut jika ada kekeliruan dan mungkin ada KPM yang dianggap layak mendapatkan dan belum mendapatkan semua akan dilakukan pendataan dan diajukan dengan syarat kecocokan data baik dari KK atau KTP dan tempat domisili KPM masing-masing.

Dijelaskannya, kalau ada data KPM yang dianggap layak namun belum mendapatkan realisasinya itu dimungkinkan ada kesalahan data KPM-nya. Karena semuanya setelah dilakukan verifikasi oleh Kemensos terjadi ketidak cocokan dalam data calon penerima yang diajukan.

Untuk itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara ini meminta kepada masing-masing perangkat Pemerintahan Desa atau Kelurahan dari tingkat paling bawah, RT dan LK melakukan verifikasi dan melakukan pengecekan lebih detail terhadap data masyarakat yang akan diajukan agar tidak ada kesalahan. Dengan melakukan pemeriksaan secara seksama terhadap KK, KTP dan persyarakatan lainnya yang menjelaskan data tersebut tidak ada lagi kekeliruan atau valid sehingga calon penerima atau KPM benar-benar tepat sasaran.

Dalam mewujudkan ini, lanjutnya, diperlukan kebesaran jiwa, kelapangan dada dan keikhlasan dari masyarakat. Karena dalam mendukung program pemerintah untuk terus mensejahterakan masyarakat dengan adanya penurunan angka kemiskinan pada setiap daerah itu cepat terwujud dengan kesadaran bersama

Masih menurutnya, penurunan angka kemiskinan pada suatu daerah akan dapat cepat teratasi dengan peningkatan kesadaran bersama dari masyarakat dimasing-masing daerah dengan tujuan dalam realisasi berbagai bantuan untuk masyarakat yang lebih layak menerima bantuan supaya lebih tepat sasaran.

Dikondisi sekarang memang semua masyarakat merasakan dampak dari bencana internasional ini, tapi terkait angka kemiskinan dipastikan setiap tahunnya akan terus mengalami penurunan bukan sebaliknya, tambahnya. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung