oleh

Prestasi Beruntun, Kabupaten Way Kanan 11 Kali Mendapatkan WTP

Kabupaten Way Kanan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Keuangan Ri atas perolehan WTP secara berturut turut.

Way Kanan (RL) : Dalam rapar kerja nasional (Rakernas) akuntasi pelaporan keuangan pemerintah, Kabupaten Way Kanan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Keuangan atas raihan prestasi WTP secara berturut-turut.

Dalam rapat itu Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman M.T, bersama Kepala dan unsur kepala bidang dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah mengikuti rapat kerja nasional akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 secara virtual, dari ruang rapat Setdakab, Selasa (14/9/2021).

Rakernas akuntansi pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 mengangkat tema. Bangkit ekonomi, pulihkan negeri, bersama menghadapi pandemi. Dilakukan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dirjen Pembendaharaan Kemenkau, Hadiyanto menyampaikan tujuan rakernas akuntasi pelaporan keuangan pemerintah adalah sebagai upaya kesinambungan dan membangun sinergi antar stakeholder untuk meningkatkan tata kelola. Akuntabilitas dan transparasi keuangan negara baik pemerintah pusat maupun daerah, serta memberikan apresiasi atas raihan opini WTP dari BPK kepada Kementerian Lembangan dan Pemerintah Daerah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa tahun 2020 yang baru saja kita lalui bukan merupakan tahun yang biasa, tahun 2020 seluruh dunia mengalaim krisis kemanusiaan yang sangat dahsyat dimana itu terjadinya pandemic Covid-19, pandemic Covid-19 menyebabkan perubahan dan memaksa seluruh negara didunia berubah kehidupan social, ekonomi dan tentu inplikasi keuangan yang sangat-sangat luarbisa.

“Dalam menghadapi kegentingan sebuah krisis yang mengancam jiwa masyarakat Indonesia yang sangat nyata maka Indonesia melakukan langkah-langkah yang sangat nyata dan juga disikapi oleh bapak presiden dengan mengeluarkan peraturan pemerintah No 1 tahun 2020, yang akhirnya ditetapkan menjadi undang-undang nomor 2 tahun 2020 yang menjadi landasan legal dan administrasi tata kelola bagi pemerintah pusat dan daerah dalam menangani pandemic Covid-19, dan dampaknya yang luarbiasa terutama dalam menggunakan instrument keuangan negara untuk melindungi masyarakat kita dari pandemic Covid-19 dan krisis social, ekonomi dan keuangan,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Sri Mulyani,  melanjutkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan yang baik. Pemerintah harus menjaga tata dan kelolanya. “Kita juga berharap APBN dan APBD bisa menjadi instrumen keuangan negara untuk memulihkan keuangan negara dalam waktu yang sulit seperti saat ini. Kita juga harus bisa melakukan akuntabilitas keuangan negara secara inovatif dan kreatif,” tutupnya.

Pada rakernas tersebut Kabupaten Way Kanan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari kementerian keuangan atas raihan prestasi WTP minimal 10 berturut-turut atas laporan keuangan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Wabup Ali Rahman menyampaikan rasa syukur atas raihan hasil  yang didapatkan oleh Pemerintahan Kabupaten Way Kanan dimana saat ini kabupaten way kanan telah mendapatkan opini WTP yang ke-11 kali secara berturut-turut.

“Alhamdulillah kita telah berhasil meraih opini WTP untuk yang ke sebelas kalinya dan mendapatkan Penghargaan dan Apresiasi dari Kementerian keuangan. Semoga kedepannya kita masih bisa tetap mempertahankan seluruh kerja keras kita selama ini, sehingga bisa meraih hasil yang diinginkan.

Wabup Ali Rahman juga menyampaikan bahwa hasil tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh element instansi pemerintah daerah. “Untuk itu lah mengapa kita harus menjaga semangat kita semua dalam membangun kerja sama untuk mewujudkan Kabupaten Way Kanan yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Sandi)

Komentar

Realita Lampung