oleh

Wisata Alam, Lampung Utara Miliki 23 Air Terjun dan Dua Situs Batu

Keberadaan 23 wisata alam air terjun yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung yang keberadaannya masih sangat asri selain itu ada dua situs batu ya itu situ Batu Sembilan dan Batu Kodok.

Obyek-obyek wisata alam air terjun di Kabupaten Lampung Utara ini masih sangat terlihat begitu asri dan masih perlu mendapatkan perhatian serius dari semua unsur pemerintah daerah setempat.

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang pengembangan untuk dijadikannya obyek-obyek wisata tersebut, ayo kita kenali dulu lokasi obyek wisata air terjun atau curuq dan keberadaannya di Bumi Ragem Tunas Lampung (Lampung Utara) ini.

Diantaranya Curuq atau air terjun Selampung berada di Desa Cahaya Mas, curuq Timba di Desa Comok Sinar Jaya, kedua curuq atau air terjun ini berada di Kecamatan Sungkai Barat.

Di wilayah Kecamatan Abung Tinggi juga ada curuq atau air terjun Sukamarga keberadaannya ada di Dusun III Talang Indah, Desa Sukamaju dan air terjun Dermala di Desa Sekipi.

Di Kecamatan Abung Tengah ada juga obyek wisata alam air terjun, ya itu curuq Way Klawas atau air terjun Sri Ratu Indah Klawas, air terjun Pal Besi yang ada di Desa Pekurun tepatnya di Dusun Ciluhur. di wialayah Kecamatan Abung Tengah ini juga ada obyek wisata Situs Batu Sembilan yang keberadaannya ada di Desa Pekurun Utara dan Situs Batu Kodok yang berada di Desa Tulung Balak, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara. Di Desa Gunung Gijul ada Air Terjun, Air Ruku.

Kemudian di wilayah Kecamatan Tanjung Raja, ada juga beberapa obyek wisata alam air terjun dan potensi wisata air terjun ini nantinya akan menjadi primadona jika dikembangkan, seperti keneradaan air terjun Mbah Gopar di Gendot yang ada di Desa Sukasari, air terjun Sukaemi juga di wilayan Gendot di Desa Tanjung Berining, dan air terjun Mandi Angin di Desa Suka Mulya. Curuq Bukit Reges di Dusun 2 Des Sidomulyo dan curuq asri di Desa Merambung.

Selian itu ada juga obyek wisata air terjun di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning seperti air terjun Ekor Kuda, di Dusun 9 Bedeng, Desa Tanjung Baru, air terjun Beringin di Dusun 8 Desa Tanjung Baru, Curup Enggal di Jalan Talang 7, LK 13 Kelurahan Bukit Kemuning, air terjun Temiangan, air terjun Kuali, air terjun Ateng, dan air terjun Muara Aman yang berada di Dusun 5 Desa Tanjung Baru.

Lalu di Kecamatan Abung Pekurun ada juga obyek wisata air terjun Gunung Gijul keberadaannya di Desa Campang Gijul. (RD)

Komentar

Realita Lampung