Akun Kajari Lampung Utara Kena Hacker, Apakah ini Upaya Pelemahan Penegakan Hukum?

Kejaksaan Negeri Lampung Utara mengumumkan akun WhatsApp Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mohamad Farid Rumdana, SH, MH, kena hacker.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Guntoro Janjang Saptodie, SH, MH, menuturkan, peristiwa itu diketahui Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mohamad Farid Rumdana, SH, MH, pada, Jum’at 24 November 2023 sore.

Atas kejadian itu, kata Guntoro, sebagai langkah awal pihaknya sudah melaporkan secara lisa dengan pihak kepolisian dan memberitahukan melalui akun media sosial milik Kejaksaan Negeri Lampung Utara ya itu melalui akun Instagram dan melapor kepada unsur pimpinan dan korps Adhyaksa.

“Hari ini kita melapor ke Polres Lampung Utara atas kejadian ini,” kata Guntoro Janjang Saptodie, Senin (27/11/2023).

Dijelaskan Guntoro, upaya hukum itu dilakukan pihaknya guna mengantisipasi jika akun WhatsApp atas nama Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara itu dipergunakan oleh pelaku yang mengakibatkan kerugian baik atas nama pribadi dan institusinya.

Atas peristiwa ini, lanjut Guntoro, selain data pribadi yang ada di akun Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara yang hilang, juga turut hilang galeri dan poto-poto di akun tersebut.

Untuk itu pihaknya memberitahukan kepada masyarakat agar berhati-hati jika menerima telpon atau chat WhatsApp yang mengatas namakan Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara.

Meski hingga siang hari ini belum ada laporan, kita kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati karena akun WhatsApp atas nama Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara kena hacker, ungkap Guntoro.

Langkah antisipasi ini sudah sewajarnya dilakukan dan diberitahukan pihak Kejaksaan Negeri ke publik karena diketahui semenjak dipimpin Mohamad Farid Rumdana korps Adhyaksa, khususnya di Kejaksaan Negeri Lampung Utara tidak menggunakan sistem pilah pilih dalam menangani perkara.

Dikhawatirkan dengan dihacknya akun tersebut upaya pelemahan penegakan hukum oleh jajaran Kejaksaan Negeri Lampung Utara. (**)

Komentar