Obyek Wisata Nge-hits di Kota Kotabumi Lampung Utara

Setiap daerah pastinya akan ada tempat yang menjadi favorit bagi masyarakat untuk sekedar duduk santai meski itu hanya sebentar atau bersua foto. 

Seperti halnya di daerah bumi Ragem Tunas Lampung ini. Ragem Tunas Lampung merupakan motto dari Kabupaten Lampung Utara. 

Video Streaming : Obyek Wisata Nge-hits di Kota Kotabumi Lampung Utara

Motto tersebut memiliki dua arti. Pertama, masyarakat adat Lampung Utara menerima keanekaragaman atau perbedaan sebagai modal untuk kemajuan bersama. Kedua, keramah tamahan yang dilandasi oleh niat baik untuk menjalin hubungan persaudaraan.

Nah, untuk mengenal daerah ini, kami pada edisi ini menyajikan beberapa tempat obyek wisata yang sekarang lagi nge-hits di daerah setempat. 

Seperti obyek wisata Taman Tugu Payan Mas, yang keberadaannya tepat ada dipersimpangan Jalan Sukarno Hatta, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara (ARPN), Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan A Akuan. 

Tugu Payan Mas, merupakan ibu kota dari Kabupaten Lampung Utara. Tugu Payan Mas itu bentuknya menyerupai tombak berwarna emas, hal ini senada dengan arti dari Payan Mas, yaitu Tombak emas yang merupakan senjata asli masyarakat Lampung. 

Pada tugu ini selain terdapat satu buah tiang yang menjulang tinggi menyerupai tombak, juga terdapat 9 payan (sejenis perisai) yang mewakili 9 marga pepadun di Kabupaten Lampung Utara.

Obyek wisata ini cukup nge-hits saat ini dan telah dikenal masyarakat setempat dan daerah lain sebagai obyek wisata yang menakjubkan. Disisi sebelah kiri Tugu Payan Mas bila dilalui dari arah Jalan Sukarno Hatta dan Jalan ARPN terdapat taman yang bertuliskan Kotabumi Bettah. 

Kotabumi Bettah merupakan singkatan dari kata Bersih, Elok, Tentram, Taqwa, Aman, Hidup. Sebelum sampai di lokasi Taman Tugu Payan Mas, dari arah Bandar Lampung terlebih dulu kita melewati Tugu Alamsyah Ratu Prawira Negara yang berada di persimpangan Jalan ARPN, Jalan Tjoekoel Soebroto dan Jalan MT. Haryono.

Setelah itu masuk ke wilayah Kota Kotabumi dengan terlebih dulu melalui Tugu Bola ya itu tugu untuk ke Stadion Sukung Kotabumi.  Di lokasi ini juga terdapat tempat wisata bermain bagi anak-anak selain dari gedung olahraganya. 

Lalu, untuk terus menuju ke Tugu Payan Mas, kita disuguhkan dengan obyek wisata PKK, ya itu sentral oleh-oleh yang keberadaannya ada di Eks Taman Makam Pahlawan Kotabumi. Setelah itu kita akan sampai di Taman Tugu Payan Mas Kotabumi. 

Selain itu, masyarakat juga bisa menikmati beberapa ikon Kota Kotabumi Lampung Utara lainnya, seperti keberadaan Tugu Pengantin yang ada di persimpangan Jalan Pahlawan Kotabumi. Keberadaan Tugu ini tepat di depan Pemda Lampung Utara. 

Kemudian untuk melepaskan penat anak-anak, bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kota Kotabumi. Nah di sini ada Taman Sahabat yang di dalamnya terdapat ikon kereta kencana (Tugu Rato) dan wahana bermain bagi anak-anak.  

Dibagikan atas Taman Sahabat ada lokasi Taman Olah Seni yang dikenal masyarakat setempat sebagai TS. Di lokasi ini juga terdapat obyek wisata seorang gadis yang tengah menari dan di dalam lokasi ini terdapat tempat berlatihnya berbagai kesenian. 

Sebelum pulang ke daerah tempat tinggal masing-masing, kita juga bisa mengelilingi obyek wisata lainnya, seperti Tugu Pembangunan di Pasar Kota Kotabumi, da. Tugu Acara Cangget Bakha di persimpangan Bernah dan Taman Islamic Center Kotabumi. 

Lalu, obyek wisata religi di pusat kota juga bisa disinggahi dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan yang ada di samping Mapolres Lampung Utara, di Jalan Tjoekoel Soebroto, Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara. (**) 

Komentar