oleh

Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman Buka Gerakan Pangan Murah

Dalam Rangka Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Bulan Ramadhan 1445 H di Kampung Gunung Sangkaran, Kecamatan Blambangan Umpu, Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Way Kanan Riva Adi Candra, membuka secara resmi Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), Rabu (6/3/2024).

Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dengan sasaran masyarakat miskin dan miskin ekstrem serta Keluarga Beresiko Stunting di Kabupaten Way Kanan.

“Bertujuan untuk Menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok yang strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen, dan Meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat khususnya, masyarakat miskin dan miskin ekstrem dan Keluarga Beresiko Stunting di Kabupaten Way Kanan,” ujar Ali Rahman.

Selain itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Way Kanan Riva Adi Candra menjelaskan bahwa sasaran dari kegiatan GPM menjelang HBKN Bulan Suci Ramadhan ini adalah masyarakat miskin ekstrem dan Keluarga Beresiko Stunting di kecamatan Blambangan Umpu kampung gunung sangkaran, sesuai dengan data P3KE dan Surat Keputusan Bupati Way Kanan tentang intervensi prioritas lokus Stunting Tahun Anggaran 2024

“Lokus khususnya RTM Ekstrem dan Keluarga Beresiko Stunting di Kampung Gunung Sangkaran Kecamatan Blambangan Umpu berdasarkan Data P3KE dan Surat Keputusan Bupati Way Kanan tentang Intervensi Prioritas Lokus Stunting Tahun Anggaran 2024, yaitu ME=57 KK/253 Individu, KBS=795 KK. Serta dengan Kupon Komoditi ada 2.454 dengan 9 Komoditi,” jelasnya.

Diketahui, Berbagai partisipan turut serta dalam Kegiatan GPM tersebut, antara lain Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung, Perum Bulog Cabang Lampung Utara, Asosiasi Petani Cabai, Asosiasi Peternak, Pelaku Usaha Pangan Beras, Telur dan Lainnya, serta PT. PSMI yang selalu turut mensukseskan kegiatan tersebut.

Sasaran dari Kegiatan Gelar Pangan Murah adalah tersalurkannya bahan pangan pokok dan strategis sebanyak 4,5 Ton, berupa :

  1. Beras Premium sebanyak 500 Kg dari Pelaku Usaha Pangan
  2. Beras Medium sebanyak 2.500 Kg dari Bulog Cabang Lampung Utara
  3. Cabai Merah Keriting sebanyak 50 Kg dari Poktan Cabai
  4. Cabai Rawit sebanyak 50 Kg dari Poktan Cabai
  5. Bawang Merah sebanyak 100 Kg dari Distributor Bawang
  6. Bawang Putih sebanyak 100 Kg dari Distributor Bawang
  7. Telur Ayam Ras sebanyak 250 Kg dari Distributor Telur
  8. Gula Putih sebanyak 500 Kg dari PT. PSMI
  9. Minyak Goreng sebanyak 504 Kemasan dari Bulog

Turut hadir Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bagian Perekonomian Setdakab dan Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu. (M9G)

Komentar

Realita Lampung