oleh

Mulai Besok, 17 Rumah dan Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung Akan Diperbaiki

TULANG BAWANG – Pasca terjadinya musibah angin puting beliung di Tanggul Penangkis Rawa Jitu Selatan pada sabtu sore kemarin, Kepala Kampung (kamkam) bersama aparatur Kampung dan warga, gerak cepat melakukan evakuasi terhadap warga terutama yang rumahnya ambruk total.

Musibah angin puting beliung itu membuat sejumlah pemukiman warga di RK.06, RT02, dan RT 03 porak poranda. Bahkan ada rumah warga yang bagian bangunannya ambruk total, Sabtu (16/03/2024).

Dikatakan Gusri, Kakam Gedung Karya jitu, dia bersyukur atas kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun semantara sudah terdata sebanyak 17 rumah yang mengalami kerusakan parah. Sebagian besar kerusakan pada atap rumah, dan ada beberapa bagian bangunan rumah dan warung yang ambruk total. Serta beberapa kendaraan rusak tertimpa matrial bangunan.

Gusri secara rinci menyampaikan, sementara tercatat sebanyak 17 Rumah dan bangunan warga yang terdampak mengalami kerusakan di RK. 06 RT. 02 dan RT. 03.

“Sementara data ini masih bisa bertambah, dikarenakan kami mendata dalam keadaan malam hari hujan dan kurang maksimal,” jelasnya.

Disampaikannya juga, pasca kejadian sore tadi Kakam bersama aparatur Kampung dan warga setempat telah melakukan evakuasi terhadap beberapa warga yang rumahnya ambruk untuk di evakuasi kerumah tetangganya.

Dan besok pagi akan bergotong royong bersama memperbaiki, dengan cara mengganti atap rumah warga yang masih berdiri agar segera dapat ditempati warga kembali.

“Rencana Besok bersama aparatur dan pihak kepolisian secara bersama masyarakat akan gotong royong melakukan perbaikan terutama mengganti asbes rumah warga yang masih berdiri akan diganti semua,”ucap Gusri.

Gusri juga menambahkan, sementara semua matrial untuk perbaikan atap rumah warga itu berasal dari swadaya masyarakat, dan akan membuat proposal meminta bantuan kepada pihak masyarakat.

DATA SEMENTARA 17 RUMAH DAN BANGUNAN WARGA YANG MENGALAMI KERUSAKAN :

Di permukiman warga RT. 02 yaitu:

  1. Pak munanggar rumah dan warung ambruk total
  2. Pak hasim rumah dan warung ambruk total
  3. Pak horas siregar steam mobil dan penitipan mobil ambruk total.
  4. Pak edi Kriswanto teras ambruk
  5. Pak marpaung 30 lembar atap asbes
  6. Pak sarwo atap asbes 4 lembar
  7. Purwito atap wuwungan 8 pasang dan atap asbes 2 lembar.
  8. Darmanto atap asbes 2 lembar

Di RT.03 yaitu:

  1. Bu sumiyati 25 lembar atap
  2. Pak muhajir 13 lembar atap asbes
  3. Pak irham 10 lembar atap asbes
  4. Hari subekti 15 lembar atap asbes
  5. Masjid. Plapon
  6. Wahyudi atap asbes 2 lembar
  7. H. Ahmadi atap asbes 18 lembar
  8. Sugiarto atap asbes 5 lembar
  9. Pos ronda atap asbes 12 lembar

(Rudianto)

Komentar

Realita Lampung