Sambut Idul Fitri, Warga Kampung Untoro Pawai Sound System dan Takbir Keliling

LAMPUNG TENGAH – Menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, warga Kampung Untoro, Kecamatan Trimurejo, Kabupaten Lampung Tengah, menggelar pawai soud system dan takbir keliling, Selasa (9/4/2024) malam.

Kegiatan itu diikuti oleh peserta yang terdiri dari anak – anak remaja, orang dewasa, bahkan ibu – ibu pengajian, yang ikut memerihakan pawai sound system dan takbir keliling tersebut.

“Pesertanya mencapai ratusan orang. Mereka berasal dari semua Mushola dan Masjid yang ada di Kampung Untoro,” kata Ratno, salah seorang inisiator pawai sound system dan takbir keliling

Pantauan di lokasi, para peserta sound system dan takbir keliling mulai bergerak dari depan Masjid Agung Mifthaul Huda Untoro. Kemudian berkeliling menelusuri gang hingga jalan – jalan besar di kawasan Kampung Untoro.

Terlihat irin-iringan ratusan sepeda motor dan mobil, mengawal kendaraan pengangkut sound system dan beduk yang diangkut diatas mobil bak terbuka. Warga tampak antusias menyaksikan rombongan pawai saat melintas.

Pemuda setempat, Ari, menjelaskan, pawai sound system dan takbir keliling merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang digelar di Kampung Untoro, sebagai penanda datangnya bulan Syawal.

Selaku bagian dari panitia pelaksana kegiatan dia berharap, pawai sound system dan takbir keliling tetap dilaksanakan seterusnya. Selain menyambut lebaran, juga menjadi bagian kemeriahan di Kampung Untoro.

“Kegiatan seperti ini harus terus didorong untuk merajut kebersamaan dan persatuan warga, khususnya di kampung Untoro,” tutupnya. (Bino Rahman)

Komentar