oleh

Pengamanan WSL, Polres Pesisir Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Tuhuk Krakatau 2024

Pesisir Barat – Polres Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan apel gelar pasukan Operasi Tuhuk Krakatau tahun 2024 dalam rangka pengamanan event World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000, di lapangan Mako Polsek Pesisir Selatan, Senin 27 Mei 2024.

Kegiatan itu dipimpin langsung Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Ardiansyah Daulay, S.I.K.,M.H., selain itu Komandan Apel Kapolsek Pesisir Tengah AKP Mahdum Yazin, S.H.,M.H., Perwira Apel Kabag Ren Polres Pesisir Barat AKP Golkar M. Saragi, S.pd.,M.H.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Dir Pam Obvit Polda Lampung Kombes Pol Bryan Benteng, S.I.K., Dir Pol airud Polda Lampung Kombes Pol Boby Parulian Tambunan, S.I.K.,M.H., Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, S.sos.,S.I.K.,M.SI., Kabid TIK Polda Lampung Kombes Pol M Arif Rifa’i, S.I.K., Wadir Samapta Polda Lampung AKBP Andi Siswantoro, S.I.K., Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, S.I.K.,M.H., Dandim 0422/LB Letkol Inf. Rinto Wijaya, S.A.P, M.I.Pol, M.Han.

Selian itu, Wakil Bupati Pesisir Barat A Zulqoini Syarif, S.H., Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Barat Agus Cik, Wakapolres Pesisir Barat Kompol Slamet Raharjo, S.H.,M.H., serta Pejabat Utama Polres Pesisir Barat, serta seluruh peserta apel operasi Tuhuk Krakatau 2024.

Kapolda Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S.IK., M.Si., dalam amanatnya yang di bacakan Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Ardiansyah Daulay, S.I.K.,M.H., menyampaikan bahwa, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Tuhuk Krakatau 2024.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan dan mensukseskan kegiatan event utama Kabupaten Pesisir Barat Krui Pro WSL QS 5000 dan JQS tahun 2024,” katanya.

Lanjutnya, kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro WSL merupakan kegiatan untuk mempertemukan para surfer terbaik dunia. Krui Pro merupakan putaran QS 5000 dan junior pro yang menarik perhatian dunia beberapa tahun ini, hal ini dikarenakan ikut sertanya beberapa atlit surfing dunia seperti gabriel media yang merupakan juara dunia wsl 2 kali asal brazil dan rio waida peselancar indonesia yang baru saja menembus kualifikasi championship tour.

“Kompetisi akan berlangsung selama satu minggu disertai rangkaian kegiatan penampilan seni budaya pesisir barat dan bazar UMKM,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini akan dipusatkan di kawasan wisata pantai karang nyimbor, tanjung setia Kabupaten pesisir barat, dimana secara administrasi berada di wilayah hukum polres pesisir barat. Oleh sebab itu, dalam rangka menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif, mencegah dan menanggulangi terjadinya gangguan keamanan terhadap event krui pro world surf league(WSL) 2024, polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal.

“Kompetisi akan berlangsung selama satu minggu disertai rangkaian kegiatan penampilan seni budaya pesisir barat dan bazar UMKM,” jelasnya.

Kegiatan ini akan dipusatkan di kawasan wisata pantai karang nyimbor, tanjung setia kabupaten pesisir barat, dimana secara administrasi berada di wilayah hukum polres pesisir barat. oleh sebab itu, dalam rangka menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif, mencegah dan menanggulangi terjadinya gangguan keamanan terhadap event krui pro world surf league (wsl) 2024, polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal.

Masih kata dia, kegiatan apel gelar pasukan operasi tuhuk krakatau 2024 yang kita laksanakan ini bertujuan untuk memantapkan dan mensiap-siagakan personel polri dan instansi terkait dalam rangka kesiapan pengamanan kegiatan yang bersifat terbuka dengan mengedepankan fungsi opsnal kepolisian, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan secara nyata yang dapat berdampak terhadap citra indonesia, khususnya kabupaten pesisir barat provinsi lampung di mata dunia.

“Polda lampung dan polres lain sebagai pendukung siap membackup polres pesisir barat serta adanya bko dari mabes polri, yang didukung tni, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya,” katanya.

Hal itu, guna mendukung pelaksanaan operasi dengan sandi “tuhuk krakatau- 2024” selama 9 (sembilan) hari terhitung mulai tanggal 27 mei s.d 04 juni 2024 yang dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan deteksi, preventif, gakkum, banops dan security officerr sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif, mencegah dan menanggulangi terjadinya gangguan keamanan terhadap event world surf league (wsl) tahun 2024.

Ditambahkannya, adapun tujuan dilaksanakan operasi tuhuk krakatau 2024 adalah tercapainya keseragaman pola tindak dalam rangka menangkal, mencegah dan menanggulangi terjadinya gangguan keamanan terhadap event krui pro world
surf league (WSL) tahun 2024. Selain itu, menciptakan situasi yang aman, tertib dan lancar pada rangkaian acara world surf league (WSL) tahun 2024, terpeliharanya dan terkendalinya situasi keamanan dan ketertiban yang mampu mendukung kelangsungan dan kelancaran pelaksanaan world surf league (wsl) tahun 2024di kawasan wisata pantai tanjung setia.

“Kemudian, melindungi jiwa, harta benda masyarakat, serta sarana dan prasarana umum, terjaminnya rasa aman para penyelenggara, peserta dan tamu event Krui Pro, serta terwujidnya situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman, kondusof dan terkendali sebelum, selama pelaksanaan serta pasca event Krui Pro dan terwujudnya citra kawasan pariwisata daerah Lampung sebagai destinasi pariwisata unggulan indonesia yang aman dan kondusif sehingga mempengaruhi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengecekan pasukan, sekaligus pemasangan pita tanda operasi oleh Pimpinan Apel.(Rls/Red)

Komentar

Realita Lampung