oleh

Pemkab Lampung Selatan Gelar Bimtek Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota tahun 2024.

Acara yang dibuka Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Lampung Selatan, Muhadi, digelar di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, Senin (24/6).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan, M. Darmawan mengatakan, tema kegiatan Bimtek tersebut yakni “Merajut Asa Melayani Negeri Untuk Mencerdaskan Bangsa”.

Darmawan menyebut, bimtek tersebut diselenggarakan selama satu hari diikuti 80 peserta yang berasal dari 17 kecamatan, terdiri dari Kasi Kesos dan Infokom serta 23 petugas perpustakaan desa.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga keperpustakaan dan pustakawan tingkat daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2004 agar menjadi lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Sementara, menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, Muhadi mengatakan, kegiatan bimtek tersebut harus mengena kepada sasarannya. Yaitu mencerdaskan masyarakat luas melalui pengelolaan Perpustakaan Desa sebagai penyedia akses informasi masyarakat desa.

“Memang sangat diperlukan peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan itu sendiri. Sehingga pengelolaan perpustakaan yang ada di seluruh desa di Kabupaten Lampung Selatan dapat dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Muhadi.

Oleh karena itu, Muhadi meminta kepada seluruh pengelola perpustakaan agar dapat menyiapkan perpustakaan menjadi tempat yang menarik dan nyaman, dilengkapi dengan buku-buku bacaan yang menarik.

”Pengelola perpustakaan yang ramah tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sehingga dengan kinerja yang baik akan mampu menarik minat baca masyarakat, khususnya kaum milenial, ” kata Muhadi. (Emir Fajar Saputra/ant)

Komentar

Realita Lampung