oleh

Antusias Masyarakat Dukung Pemerintah Wujudkan Kawasan Agro Mina

Realita Lampung (RL) – Melihat potensi sumber daya alam di Desa Sidokayo, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara yang terus menggeliat. 
Di daerah Kecamatan Abung Tinggi sumber daya alamnya kini telah timbuh untuk sektor perikanan. Daerah tersebut dulu hanya menggandalkan hasil sawah, pertanian dan perkebunan seperti komunitas kopi, lada, padi, dan juga batu yang saat ini telah menjadi sumber penghasilan masyarakat setempat. 
Pada beberapa tahun terakhir daerah Kecamatan Abung Tinggi mulai tumbuh sumber penghasilan dari perikanan karena daerah itu sumber airnya cukup baik untuk berbudidaya ikan.
Menurut Agus selaku Kepala Desa Sidokayo kondisi sekarang jumlah kolam ikan masyarakat desa setempat telah berjumlah lebih dari 100 kolam ikan jenis nila. Hasilnya pun cukup menjanjikan, karena saat ini setiap malam kurang lebihnya sekitar dua ton ikan nila telaj dapat dipanen dan dipasarkan.
“Untuk dipembelinya bukan hanya dari daerah kita saja melainkan Kabupaten tetangga seperti Way Kanan, Lampung Barat, Tulang Bawang sampai Bandar Lampung,” kata Agus, Sabtu 20 Juni 2020.
Selain itu, lanjutnya, para warga yang sudah membudidayakan ikan nila juga telah membentuk kelompok perikanan sehingga nantinya bisa mendapatkan pembinaan dan penyuluhan bagaimana cara membudidayakan ikan dengan baik dan benar serta mengetahui mana bibit-bibit ikan yang berkualitas.
Untuk itu dia berharap kepada pemerintah daerah setempat bisa memperbaiki akses jalan menuju ke Desa Sidokayo. Karena hal itu yang diharapkan warganya demi memperlancar roda perekomian desa tersebut. 
Lanjut Agus, masyarakat di Desa Sidokayo sangat mendukung program pemerintah untuk menjadikan wilayah Kecamatan Abung Tinggi sebagai kawasan agrowisata mina. Karena daerah itu selain ada budidaya ikan nila juga ada panorama pemandangan perbukitan. Lalu ada juga air terjun, cagar budaya atau situs budaya Makam Puyang Minak Trio Duso, dan sumber-sumber lainnya.
Kepala Dinas Perikanan Lampung Utara, Sanny Lumi mengatakan, bahwa potensi perikanan yang mengandalkan potensi alam yang cukup baik itu akan menjadi peluang masyarakat di Desa Sidokayo dan Sekipi untuk meningkatkan penghasilannya untuk kesejahteraan. 
“Kita sudah berkeliling melihat secara langsung, antusias masyarakat sangat baik dan yang tak kalah penting kemauan mereka untuk bekerja dan menciptakan peluang usaha baru,” kata Sanny Lumi. 
Kedepannya di Kecamatan Abung Tinggi khusus Desa Sidokayo, Sekipi dan sekitarnya akan kita dorong menjadi sebuah kawasan agro mina. Dimana nanti perikanan bisa beriringan dengan sektor pariwisata, lanjutnya. (***)
• Penulis : Orean
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar