oleh

Kasus Konfirmasi Covid-19 Bertambah 3 Orang, Satgas; Ini Menjadi Kewaspadaan Semua Pihak

Tim Satgas Covid-19 Lampung Utara saat mengevakuasi pasien konfirmasi positif di RSUD Ryacudu Kotabumi, Selasa (25/8/2020), foto: ist
Realita Lampung – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Lampung Utara kembali bertambah tiga orang. 
Ketua Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, S. STP, M. Si, mewakili Ketua Gugus Tugas, H. Budi Utomo, SE, MM, mengatakan, hasil sampel swab yang dilakukan timnya terhadap ketiga orang yang masih satu keluarga itu telah disampaikan Labkesda Provinsi Lampung dengan hasil konfirmasi asimtomatik. 
“Dua orang dari tiga orang terkonfirmasi positif covid-19 ini adalah orang tua dari kasus konfirmasi positif sebelumnya yang berada di Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara,” kata Sanny Lumi, ketika dikonfirmasi, Selasa 25 Agustus 2020.
Lanjutnya, diketahui ada paparan terhadap keluarga ini karena mendapatkan kunjungan dari anak mereka yang tinggal di Bogor pada awal bulan Agustus 2020 lalu.
Setelah dilakukan pemeriksaan swab ke 1 pada tanggal 22 Agustus 2020 dan swab ke dua tanggal 23 Agustus 2020, lalu sampel swab dikirim pada tanggal 23 Agustus 2020 ke Labkesda Provinsi Lampung, dab pada tanggal 24 Agustus 2020 diinformasikan bahwa mereka terkonfirmasi positif covid-19.
“Sedangkan satu orang lainnya adalah seorang pekerja ari Muara Enim, Sumatera Selatan yang pulang ke Lampung Utara untuk cuto bertemu keluarganya,” ujar Sanny Lumi.
Riwayatnya, yang bersangkutan tiba di Lampung Utara pada tanggal 13 Agustus 2020 menggunakan travel dan berencana kembali bekerja pada tanggal 26 Agustus 2020. 
Untuk itu yang bersangkutan melakukan pemeriksaan rapid tes di RS Handayani dalam rangka melengkapi dokumen perjalanan dan syarat kembali bekerja pada tanggal 22 Agustus 2020 dengan hasil reaktif dan langsung dilakukan pemeriksaan swab ke 1 di tanggal 23 Agustus 2020 dan sampel swab dikirimkan ke Labkesda Provinsi Lampung.
“Pada tanggal 24 Agustus 2020 diinformasikan bahwa yang bersangkutan terkonfirmasi positif covid-19. Kondisi saat ini ketiga orang terkonfirmasi positif ini dalam keadaan sehat dan menjalani isolasi mandiri,” jelas Sanny Lumi.
Untuk itu, lanjut Sanny Lumi, dengan bertambahnya kasus covid-19 bisa menjadi kewaspadaan semua pihak, untuk saling bahu membahu melakukan pengendalian terhadap covid-19. 
“Ini agar jumlah kasus tidak semakin terus bertambah dan tingkat penularan dapat ditekan serta untuk mengingatkan kita semua untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan atau pertemuan yang melibatkan banyak orang,” ungkapnya. (***)
• Penulis : Orean AS 
• Editor : Sri Wahyuni

Komentar