oleh

Keindahan 18 Air Terjun di Kabupaten Tanggamus

Realita Lampung – Bagi petualang yang menyukai keindahan alam khusus air terjun atau curuq/ curup di Kabupaten Tanggamus ada 18 air terjun lhoo.. !!!

Kabupaten Tanggamus merupakan satu daerah yang ada di Provinsi Lampung yang masih memiliki banyak potensi wisata dan itu masih alami, selain pemandangan wisata laut dan pegunungannya di Kabupaten Tanggamus memiliki satu gunung yang cukup terkenal di Lampung yaitu Gunung Tanggamus. 

Gunung Tanggamus merupakan ujung dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Di daerah ini banyak sungai-sungai mengalir disekitaran Gunung ini, dari aliran sungai itu tentunya banyak ditemukan air terjun. Air terjun yang terdapat di Tanggamus cukup banyak dan sangat menarik untuk di kunjungi.

Yuk,.. kita lihat keindahan air terjun dari Dusun Lamuran, Desa Teratas, Kecamatan Kota Agung, namanya air terjun Lamuran. 

Air Terjun Lamuran ini letaknya ada di daerah salah satu perkenunan kakao tepatnya di Dusun Lamuran, Desa Teratas, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Objek wisata ini berupa 2 air terjun yang letaknya berdekatan. Air terjun utama memiliki debit air yang besar dengan kolam alam yang cukup luas serta sebuah batu besar menghias di bagian tepinya. Sedang air terjun yang kedua debit airnya tidak terlalu besar dan tidak memiliki lubuk untuk dipakai berenang namun tidak kalah menyegarkan untuk dipakai mandi.

Air Terjun Lamuran ini berada di kaki Gunung Tanggamus, untuk mencapai Air Terjun Lamuran ini kita mesti berjalan kaki. Meski demikian medan yang menghadang di sepanjang jalan menjadi penantang utama untuk menuju lokasi dan itu tidak terlalu ekstrim dan berbahaya, bahkan menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata.

Selian itu ada Curug Jarum Lebuay, sama halnya dengan Air Terjun Lamuran, Curug Jarum Lebuay juga merupakan air terjun kembar. Hanya saja, kembaran dari air terjun utama baru muncul pada saat musim hujan. Sedang pada musim kemarau yang dapat dilihat hanya satu air terjun dengan debit air yang deras serta lubuk yang luas untuk mandi dan berenang.

Keberadaannya ada di Desa Lebuay Datar, Kecamatan Air Naningan, Curug Jarum Lebuay dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan berjalan kaki sejauh 200 meter. Namun motor yang ditunggangi untuk menuju ke lokasi harus dalam keadaan prima, karena jalan yang dilewati kondisinya cukup ekstrim dengan kemiringan hingga 70 derajat. Begitu juga saat berjalan kaki, jalan yang harus ditempuh cukup terjal dan menanjak dengan kemiringan 65 derajat.

Kemudian kita ke Air Terjun Way Lalaan. Nah ini juga salah satu air terjun yang populer di Provinsi Lampung karena memang telah difungsikan sebagai objek wisata sejak jaman Pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1937. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan bangunan tangga dari semen menuju ke lokasi air terjun yang umurnya sudah hampir 1 abad.

Memiliki ketinggian 11 meter, Air Terjun Way Lalaan yang terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur tidak hanya mudah untuk dijangkau tapi juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti shelter, kamar mandi dan toilet, mushollah serta area parkir yang luas. Pengunjung juga tidak perlu bingung untuk menghilangkan haus dan lapar, karena di sekitar lokasi air terjun banyak dijumpai pedagang makanan dan minuman.

Selian itu ada juga Air Terjun Lembah Pelangi, air terjun ini terletak di Pekon (Desa) Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. Asiknya bisa mandi dan merasakan air panas di air terjun Lembah Pelangi Ulubelu Tanggamus.

Air Terjun Batu Lapis atau disebut juga Air Terjun Gunung Batu Talang Ogan serta kadang disebut juga Air Terjun Talang Beringin. Air terjun ini terletak di Talang Ogan, Kecamatan Pulau Panggung, Talang Beringin, Kabupaten Tanggamus. 

Air Terjun Way Jelay air terjun ini terletak di Sinar Lebak Kecamatan Kota Agung,  Tanggamus. Air Terjun Talang Rambang / Twin Arter air terjun ini terletak di Datar Lebuay, Tanggamus.

Ada juga Air Terjun Tirai, Air Terjun Sukamarga, Air Terjun Bengkok, Air Terjun 9 Panggung, Air Terjun Kipas, air terjun ini terletak di Datar Lebuay, Tanggamus 

Air Terjun Bakoman, air terjun ini terletak di Air Bakoman, Pulau Panggung, Air Terjun Sinar Petir, Air terjun Kukusan, Air Terjun Tapusan atau Mak Kuyana terletak di Kelungu, Kota Agung, Air Terjun Batu Tangkup, Ulubelu, Air Terjun Asahan terletak di Desa Tratas Kota Agung Kabupaten Tanggamus. (***)

• Dirangkum Dari Berbagai Sumber

Komentar