Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Way Kanan Kembali Bertambah

Gambar poster edukasi pencegahan virus covid-19 mudah dipahami anak-anak. foto; Ilustrasi/  tribunmanado.co.id

Realita Lampung (Way Kanan) – Kasus baru konfirmasi positif Covid-19 kembali bertambah di Kabupaten Way Kanan, saat ini total jumlahnya sudah 22 kasus warga yang terpapar coronavirus disease 2019.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Way Kanan, Anang Risgiyanto mengatakan, kondisi saat ini rinciannya dari 22 kasus tersebut sebanyak 20 kasus merupakan kaus lama, satu meninggal dunia dan dua kasus lainnya sedang menjalani isolasi. 

 “Pasien tersebut berinisial WT (P22), jenis kelamin perempuan, usia 56 tahun, warga Kecamatan Gunung Labuhan, Way Kanan,” kata Anang melalui pers rilisnya, Kamis 22 Oktober 2020. 

Dijelaskan Anang, kasus P22 itu pulang dari Lampung Barat pada bulan Agustus lalu ke Kampung Negeri Mulya ke rumah anaknya, dan sudah mengeluh sakit dada, nyeri ulu hati, sesak nafas keluhan ini sudah ada sejak 1,5 tahun yang lalu.

Setelah 1 bulan di Kampung Negeri Mulya, P22 dibawa berobat jalan ke dokter di wilayah Bukit Kemuning, Lampung Utara, 6 Oktober 2020, P22 dibawa berobat ke dokter di Banjit, Way Kanan.

Selanjutnya pada rabu 14 Oktober 2020,sekira jam 15.00 WIB, P22 dibawa berobat dan mendapatkan perawatan di RSMI di Bukit Kemuning, dengan keluhan bengkak seluruh tubuh, sesak nafas, dan ada luka dekubitus serta dengan hasil RDT Covid-19 non reaktif.

“Tanggal 15  Oktober 2020, sekira pukul 22.00 WIB, Ny. WT atau P22 ini kondisinya belum kunjung membaik sehingga dirujuk ke RSAM di Bandar Lampung,” papar Anang.

Lanjutnya, pada Jumat 16 Oktober 2020, sekira pukul 07.38 WIB, P22 tiba di RSAM dan dirawat di ruang perawatan dengan diagnosa gagal ginjal kronik.

Pada Selasa 20 Oktober 2020, P22 akan dilakukan tindakan cuci darah dengan skrining RDT Covid-19 hasil Reaktif, dan dipindahkan ke ruang isolasi covid selanjutnya dilakukan pemeriksaan RT PCR Swab.

“Pada Rabu 21 Oktober 2020, kita mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pemeriksaan PCR Swab Ny. WT atau P22 dengan hasil konfirmasi positif covid 19,” jelasnya.

Selanjutnya akan terus dilakukan pemantauan kesehatannya sehingga yang bersangkutan benar-benar bisa terkontrol kondisi kesehatannya.

Jubir Covid Kabupaten Way Kanan ini kembali mengajak semua lapisan masyarakat untuk mem perketat protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak atau physical distancing dan PHBS dengan CTPS serta jaga stamina tubuh masing-masing dengan menerapkan GERMAS. “Kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat-sehat saja,” pungkasnya (Sandi/**)

Komentar