Penasehat PWI Lampung Utara, Berharap Wartawan Penyandang Predikat Kompetensi Ikut Workshop Peningkatan Wawasan

Realita Lampung – Merespon rencana Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan loyalitas profesi wartawan, Penasehat PWI Lampung Utara berharap semua anggota yang telah menyandang predikasi kompetensi bisa ikut serta.

Dalam agenda PWI Provinsi Lampung yang telah merencanakan pelaksanaan workshop wartawan muda dan perekrutan anggota baru ini, menurut Agus Hardono selaku penasehat PWI Kabupaten Lampung Utara sebisa mungkin seluruh anggota PWI untuk mengikuti acara tersebut.

Agus Hardono, Penasehat PWI Lampung Utara

“Demi profesionalisme seluruh anggota PWI dalam jurnalistik, terutama bagi mereka yang sudah menyandang predikat wartawan kompeten, terutama Wartawan Muda dan Madya yang masa pengabdiannya masih panjang,” kata Agus Hardono, Sabtu 5 Desember 2020.

Dengan mengikuti aganda itu, lanjutnya, Anggota PWI yang sudah kompeten sesuai tingkatannya harus mengedepankan 5 W + 1 H dalam setiap melakukan karya jurnalistik. Dalam menjalankan tugasnya, Undang-Undang ITE tidak perlu dijadikan momok bagi para jurnalistik. Sepanjang para jurnalis juga mematuhi kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Pokok Pers serta Undang-Undanf Penyiaran bagi jurnalis media elektronik.

Lebih lanjut disampaikan Agus Hardono yang juga Pimpinan Indonesian Television News itu, bahwa setiap anggota PWI utamanya yang sudah kompeten juga harus mampu mengubah image atau pandangan masyarakat tentang profesi wartawan.

Workshop PWI Lampung pada Desember 2019 lalu,

“Tapi sebaliknya wartawan adalah merupakan penyambung suara rakyat. Wartawan juga merupakan bagian dari masyarakat. Pandangan negatif masyarakat terhadap profesi wartawan harus bisa di ubah, sepanjang para pekerja pers juga bekerja untuk kepentingan masyarakat umum, bukan untuk suatu golongan atau kelompok,” tegas Agus Hardono.

Diketahui PWI Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan, loyalitas wartawan Anggota PWI terhadap profesi dan organisasi serta keprofesionalan dalam melaksanakan profesinya sebagai wartawan, pengurus PWI Lampung akan mengadakan workshop wartawan muda dan perekrutan anggota baru PWI Provinsi Lampung yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat 18 Desember 2020 mendatang di Balai Wartawan, H. Solfian Akhmad atau PWI Lampung di Jalan A Yani Nomor 7 Bandar Lampung. (Red/*)

Komentar