Taman Selfie Lingkungan Hidup Mempercantik Jalan Protokol Tanggamus

Taman Selfie Lingkungan Hidup Mempercantik Jalan Protokol Tanggamus

Realita Tanggamus – Secara swadaya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus bersama masyarakat Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Kotaagung Timur membangun taman selfie.

Pelaksanaan pembangunan taman selfie itu digerakan jajaran Dinas Lingkungan Hidup sesuai instruksi dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus, Hamid Heriyansyah Lubis yang menginstruksikan kepada setiap satuan organisasi perangkat daerah (OPD) baik iti Dinas maupun Badan untuk turut serta membuat inovasi dan mempercantik jalan-jalan protokol.

Imbauan itu disambut oleh seluruh Kepala Dinas, Badan dan masyarakat Kabupaten setempat dengan turut membuat taman, diantaranya Taman Selfie yang ada di Jalan Balimbing Kotaagung, tepatnya di Dusun Banjar Sari, Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Kotaagung Timur.

Meskipun pembangunanan menggunakan dana patungan (swadaya) dari seluruh jajaran dan staf Dinas Lingkungan Hidup Kabuapten Tanggamus mendapatkan suport dari masyarakat setempat dengan pemberian alat dan barang untuk mempercantik taman tersebut.

Disampaikan, Wahyono selaku Kasubag Umum Dinas Lingkungan Hidup kepada RealitaLampung.com ketika dikonfirmasi terkait sumber anggaran biaya pembutan taman selfie itu, dia mengatakan.

“Kami (Dinas Lingkungan Hidup) dalam hal ini tidak mengajukan anggaran, semua kami lakukan secara swadaya, ada yang membantu pengadaan semen, ada yang membantu pengadaan pasir, ada juga yang membantu pengadaan batu bata dan ada yang membantu pengadaan kembang (Bunga Hias),” ujar Wahyono, Jumat 11 Desember 2020.

Lebih lanjut dia menuturkan, apa yang mereka lakukan itu demi terwujudnya keindahan dan kerapihan di daerah setempat.

“Semua ini kami lakukan demi terciptanya suasana yang asri di sepanjang jalan utama kita. Kami juga sangat berharap peran serta masyarakat dalam kegiatan ini, dan Alhamdulillah oleh masyarakat Pekon Tanjung Jati, ya itu Hi Asan Amin juga sudah membantu kami batu alam (Batu Lapis) untuk mempercantik dinding taman,” ungkapnya, seraya mengatakan.

“Kami berharap dengan adanya taman selfie lingkungan hidup ini nantinya akan dapat menambah kecantikan jalan utama kita yang ada di Kabupaten Tanggamus, dan kami tetap berharap peran serta masyarakat untuk ikut menjaga keberdaan taman selfie ini, Insya Allah taman selfie ini akan kita selesaikan dalam waktu dekat, sekarang telah mencapai tahapan akhir pengerjaannya,” tambah Wahyono.

Lanjutnya, pada tahun 2020 ini DLH membuat taman yang dialokasikan di Pekon Tanjung Jati dan pada tahun sebelumnya Dinas instansi lain juga sudah melakukan hal serupa. “Seperti yang ada di Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kotaagung Timur,” jelasnya.

Masyarakat Pekon Tanjung Jati juga sangat merespon baik keberadaan Taman Selfie Lingkungan Hidup tersebut. Dengan adanya taman itu menurut warga setempat mereka memberikan apresiasi atas peran Pemerintah melalui instansinya yang telah membangun taman di tempat mereka.

Keberadaan taman selfie itu tentaunya akan membuat daetah Pekon Tanjung Jati menjadi cantik. “Mudah-mudahan keberadaan taman semacam ini akan lebih diperbanyak lagi ditahun-tahun yang akan datang, sehingga memperindah jalan kita, terimakasih jajaran Pemkab Tanggamus,” ungkap salah seorang warga Pekon Tanjung Jati. (Ahmad Sukri/*)

Komentar