Warga Tubaba Lampung,Sukses Kembangkan Kebun Anggur

Realita Lampung, Tubaba – Memanfaatkan sebidang tanah,salah satu warga Tiyuh Penumangan baru Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang bawang barat (Tubaba) Lampung, sukses mengembangkan budidaya jenis tanaman anggur.

Tanaman buah anggur yang dikembangkan oleh kurniawan (pemilik kebun) merupakan anggur asal Ukraina yang berjumlah 5 jenis yakni, ninel, nizina, akademik, transfiguration dan jupiter.

Kurniawan mengatakan, ada beberapa jenis yaitu 40 jenis semuanya, namun yang saya kembangkan saat ini hanya lima jenis, “proses awalnya saya iseng saja tanam 8 bibit disamping rumah, 2-3 bulan mulai berbunga sampai berbuah matang dan panen 3-4 bulan,hasilnya saya dapat menghasilkan kurang lebih 30-50 Kg waktu itu” Ujar kurniawan saat berbincang – bincang Senin 27/01/2020.

“selanjutnya saya kembangkan dengan cara sambung pucuk (grafting) antara anggur lokal dengan jenis anggur ukraina ,alhamdulilah sekarang sudah berjumlah 40 batang mas, kalau masa umur tanamannya sampai ratusan tahun tergantung perawatannya, pupuknya kita manfaatkan kotoran ternak kambing ” terangnya.

Sebagai petani yang berhasil sukses kembangkan budidaya anggur di tubaba tidak sedikit wisatawan yang berkunjung baik dalam atau luar daerah untuk sekedar berselfi dan mencicipi buah anggur tersebut.

“sudah banyak yang kesini untuk selfi bahkan mencicipi, kalau dijual saat ini kita belum bisa mas, karena ini buahnya belum banyak matang dan sudah banyak habis kemarin, disini kita jual bibit dan pesananya siap tanam ,harganya 200 ribu perbatang” cetusnya.

“saya berharap kepada Pemerintah agar memberi dukungan dan distribusinya guna mengembangkan budidaya tanaman ini, insya allah semoga kedepannya menjadi tambahan destinasti wisata kebun anggur di bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini “tuturnya.(red/sl)

Sumber : SRB NEWS

Komentar