oleh

Puncak Cendana Tempat Wisata Terbaru di Lampung

Realita Lampung – Obyek wisata di Kabupaten Pesawaran, Lampung semakin mengeliat dan tidak hanya wisata laut dan air saat ini juga telah ada tempat wisata bagi paralayang.

Seperti keberadaan Puncak Bukit Cendana Harapan Jaya yang beralokasikan di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung saat ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaru dan lokasi ini rencananya akan dibangun sebagai tempat paralayang sebagai tempat para pecinta suasana alam.

Menurut Susalit Cokro Aminoto, Kepala Desa Harapan Jaya, pihak PT HGU telah memberikan hibah pinjam pakai tanah tersebut seluas 3 hektar jika diperuntuk sebagai tempat wisata di daerah setempat.

Dijelaskannya, lokasi puncak itu sendiri sebelumnya adalah kebun stroberi milik PT HGU yang sudah berjalan selama beberapa tahun, akan tetapi karena hasilnya kurang baik akhirnya lokasi itu dirubah menjadi kebun bawang.

“Dulu pernah sempat menjadi lahan perkebunan stroberi tapi cuman berjalan beberapa tahun karena buahnya hancur dan akhirnya diubah menjadi kebun bawang, dan sekarang sudah beralih keproposo tejo yang ditanami pohon cendana, nah jadilah bukit cendana karena banyak pohon cendananya itu asal usulnya” kata Susalit Cokro Aminoto kepada kru Media9 Group.

Disampaikan Susalit, pada tahun 2020 lalu untuk bukit perbaikan lokasi wisata tersebut memakai anggaran swadaya, dan pada tahun 2021 ini, telah disepakat bersama masyarakat dengan jajaran Pemerintah Desa Harapan Jaya mengaloasikan anggarannya dari dana desa.

“Tahun ini kita akan memakai anggaran dana desa supaya bukit ini makin bagus dan setelah itu kita akan memperbaiki toilet, mushola, lampu, dan gajebo supaya makin bagus dan menarik agar pengunjung tidak kecewa sama tempat wisata ini,” ujarnya.

Dia juga berharap untuk kedepannya akan banyak investor yang datang dan lebih banyak pengunjung, supaya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat karena obyek wisata ini diyakini akan menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat desa setempat.

“Harapan kedepannya semoga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat dengan dibukanya lahan wisata dan bisa mengenalkan wisata lampung keluar daerah, syukur-syukur bisa sampai luar negeri,” ucapnya.

Disisi lain, menurut salah seorang pengunjung yang mengaku sebagai pecinta alam dan yang pernah kemping di bukit tersebut mengatakan mereka sangat setuju jika bukit cendana menjadi tempat wisata para pecinta alam, pointplusnya supaya Lampung makin terkenal karena wisatanya yang tidak kalah jauh dari tempat wisata lain yang ada di daerah luar Lampung.

“Dulu sih pernah kesini sebelum dikelola pas masih masih perkebunan stroberi, tapi ya emang bagus tempat ini apalagi sekarang makin dikelola nambah bagus, nah terus fasilitasnya juga makin lengkap. Akan tetapi kekurangannya itu kamar mandi dan untuk harapan kedepannya semoga kamar mandi bisa lebih bagus lagi,” ujar Putra salah seorang wisatawan. (M9G/Eli)

Komentar

Realita Lampung