Plh Bupati N. Lingga Kusuma, Buka Konferkab III PWI Pesibar

Realita Lampung – Plh Bupati Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, MP, menghadiri dan sekaligus membuka acara Konferensi Kabupaten (Konferkab) Ke- III Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesisir Barat yang berlangsung di Aula Hotel Sartika, Krui, Senin 29 Maret 2021.

Dalam acara itu Plh. Bupati Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, MP, menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Pesisir Barat mengucapkan terimakasih kepada panitia Konferkab ke-lll Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021.

“Semoga nantinya dengan terbentuknya kepengurusan yang baru bisa membawa persatuan wartawan indonesia menjadi lebih baik dengan demikian akan terciptanya para jurnalis yang profesional dan mengedepankan etika sebagaimana yang telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers,” ujarnya.

Plh Bupati juga mengucapkan selamat datang kepada Ketua PWI Provinsi Lampung, Supriyadi Alfian beserta rombongannya di Negeri Para Sai Batin dan para Ulama tersebut. Disampaikannya, semoga dengan kehadiran rombongan pengurus PWI Lampung di daerah itu akan menambah erat silaturahmi seluruh insan pers dengan jajaran Pemerintah Pesisir Barat.

Plh Bupati juga berharap agar PWI Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan, Supriyadi Alfian, S. Kom, MH, akan selalu bersinergi dalam rangka mempublikasikan serta mempromosikan Kabupaten Pesisir Barat melalui berbagai media massa, baik media massa yang berada di dalam daerah Provinsi Lampung maupun media massa nasional.

Pada kesempatan itu juga, Plh Bupati, Ir. N. Lingga Kusuma, MP, jelaskan, bahwa rekan-rekan wartawan mempunyai hak untuk menginformasikan berita, namun wartawan mempunyai batasan dalam menyiarkan berita sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal yang terkandung dalam kode etik jurnalistik. “Selain itu, rekan-rekan wartawan diharapkan dapat memberikan informasi yang aktual, berimbang, lengkap dan akurat serta menghindari berita-berita hoax,” ungkapnya.

Plh Bupati Pesisir Barat ini juga mengungkapkan bahwa wartawan sekalian memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional yaitu sebagai sarana untuk mempublikasikan tentang proses pengambilan keputusan, mempromosikan dunia usaha dan membantu percepatan proses peralihan masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat yang modern serta sebagai sarana untuk penyampaian kepada masyarakat tentang berbagai program-program pembangunan nasional melalui media massa.

Sehubungan dengan media massa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, maka peranan tersebut dapat diwujudkan dengan penyampaian berbagai informasi yang positif sehingga media massa akan lebih bersikap secara profesional dalam penyampaian informasi kepada berbagai kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Plh Bupati, bahwa tujuan dilaksanakannya Kanferkab ke-lll PWI Kabupaten Pesisir Barat ini adalah untuk menyusun dan menetapkan program Kerja PWI Kabupaten Pesisir Barat dengan mengacu pada program organisasi secara Nasional yakni memantapkan profesionalisme kewartawanan dan sekaligus pemilihan ketua dan kepengurusan pwi kabupaten pesisir barat yang baru untuk periode 2021-2024.

Pada kesempatan ini pula, Ir. N. Lingga kusuma, MP. berharap agar kegiatan Konferkab ke-III PWI Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021 ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar sehingga mampu membentuk kepengurusan yang memiliki integritas yang tinggi terhadap organisasi kewartawanan.

Diketahui acara Konferkab itu dihadiri oleh Ketua PWI Provinsi Lampung beserta rombongan, dan beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Unsur Forkopimda, PWI Kabupaten Pesisir Barat dan seluruh anggota. (MR/RD)

Komentar