Kabid Humas Benarkan Ada Kegiatan Tim Densus 88 Antiteror di Lampung

Ketua RT Benarkan Adanya Penangkapan Terduga Teroris di Lampung

Realita Lampung (RL) : Pasca penangkapan dua terduga teroris oleh Tim Anti Teror Densus 88 Mabes Polri di di Jalan Lintas Sumatera di wilayah Way Kekah, Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Lampung petugas lalu melakukan penggeledahan dikediaman terduga dan membawa barang bukti berupa buku-buku dan barang bukti lainnya.

Pada saat melakukan penggeledahan petugas menemukan barang bukti berupa buku-buku serta barang bukti lainnya dari kediaman terduga teroris yang berada di Desa Poncowati, Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Kedua terduga teroris yang diamakankan oleh Tim Densus 88 yakni berinsial ST dan WY, keduanya merukankan warga Poncowati, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Menurut keterangan Selamet selalu Ketua Rukun Tetangga (RT) tempat keduanya tinggal, yang menyatakan bahwa kedua terduga teroris itu kesehariannya merupakan penjual obat herbal dan warga mengenal keduanya sebagai orang baik dan sering berkumpul saat ada kegiatan masyarakat setempat.

Saat akan dilakukan pengeledahan dikediaman ST, saya menyaksikan Tim Densus 88 melakukan penggeledahan barang bukti yang dibawa berupa buku saja yang dibungkus dalam plastik berwarna hitam. Untuk kedua terduga sudah diamanakan terlebih dahulu oleh Tim Densus 88, ungkap Selamet.

Disisi lain, Tim Densus 88 Mabes Polri juga telah mengamankan saorang terduga teroris di wilayah Kota Bandar Lampung tepatnya dari salah satu rumah yang ada di Jalan Endro Suratmin, Gang Merdeka, Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung. Bersama terduga teroris tersebut aparat mengamankan satu unit laptop bersama handpone.

Pada Sabtu (14/8/2021) siang rumah tersebut kembali didatangi Tim Desus 88 dan tim tersebut membawa laptop bersama handpone yang didga kuat sebagai barang bukti.

Menurut keterangan Weldan selaku RT setempat menyatakan dirinya menyatakan ditelpon oleh Bhabin dan memintanya menyaksikan aparat melakukan pemeriksaan di rumah tempat tinggal terduga teroris yang telah diamankan aparat Kepolisian sebelumya.

Disampaikan Weldan, bahwa rumah diaman terduga teroris diamankan tersebut dihuni oleh SD kakak dari terduga teroris dan adiknya itu baru beberapa minggu tinggal dirumah tersebut.

Dari pantauan di rumah yang ditinggali terduga teroris itu terlihat ada beberapa kerabatnya berdatangan dengan menggunakan mobil bernomor polisi dari wilayah Jakarta.

Dikutif dari Kompas.com, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, membenarkan ada kegiatan Tim Densus 88 Antiteror dibeberapa lokasi di Lampung. Pandra menyebutkan, penangkapan oleh Densus 88 ini merupakan rangkaian penyelidikan suatu kasus dugaan terorisme.

“Benar, hari ini ada kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh Tim Densus 88 di Lampung,” kata Pandra saat dihubungi, Sabtu (14/8/2021) sore.

Meski demikian, Pandra mengaku belum bisa memberikan keterangan detail karena penanganan kasus terorisme ini dilakukan secara terpusat oleh Mabes Polri.

“Ada beberapa orang, tapi untuk identitas maupun lokasi pengamanan nanti akan disampaikan secara resmi oleh Divisi Humas Mabes Polri,” kata Pandra.

Lebih lanjut Pandra mengatakan, informasi yang bisa disampaikan sementara adalah para terduga yang diamankan diduga terlibat jaringan terorisme dari beberapa lokasi di Indonesia. “Ada pengamanan dalam upaya penyelidikan jaringan kasus terorisme yang telah dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Lampung,” kata Pandra. (RM/RD)

Komentar