Bangga Pakaian Adat Lampung Dipakai Presiden

Bangga Pakaian Adat Lampung Dipakai Presiden pada Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun 2021.

Merdeka.. !!!
Sebagai warga Negara dan masyarakat keturunan Lampung pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 Tahun 2021 ini rasa bangga dan memotivasi semangat ku.

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang di Proklamasikan pada Tanggal 17 Agustus 1945 dan pada tahun 2021 ini Kemerdekaan Bangsa Indonesia telah berusia 76 Tahun.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, foto: ist

Rasa bangga sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan masyarakat keturunan lampung pada peringatan Hari Kemerdekaan ke 76 tahun ini. Rasa bangga di dalam diri ini karena pakaian Adat Lampung dipakai oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo saat memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 17 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo memang kerap mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dalam upacara-upacara kenegaraan. Pada HUT Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat khas Klungkung asal Bali. Kemudian pada HUT RI Ke 75 tahun 2020 Presiden mengenakan pakai adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pada peringatan HUT RI Ke 76 tahun 2021 ini Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian Adat Lampung.

Dipakainya pakaian Adat Lampung Pepadun ini sebagai anak keturunan masyarakat Lampung, khususnya Lampung Abung, saya benar-benar merasa sangat bangga atas upaya Pemerintah RI di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo yang terus menggeliatkan ke tingkat nasional dan internasional tentang kekayaan adat budaya yang ada di NKRI ini.

Sebagai putra daerah lampung yang lahir di Kampung Gedung Harta, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah (Marga Selagai – Lampung Abung Siwo Migo) secara pribadi saya mengucapkan terimakasih atas pengenaan pakaian Adat Lampung oleh Presiden dan menyatakan rasa bangga sebagai warga Negara RI.

Pengenaan pakaian adat ini merupakan pengenalan kekayaan adat yang ada di NKRI oleh Pemerintah khususnya Presiden RI Joko Widodo.

Rasa bangga atas pakaian Adat Lampung yang dipakai oleh Presiden saat memperingati Hari Kemerdekaan ini juga dirasakan dan disampaikan, A Akuan Abung Gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung selaku Ketua Badan Perwatin Lampung Pepadun Kutobumi Tigo Gandung.

Bangga, pakaian adat kita bisa dipakai oleh Presiden saat memperingati proklamasi, kata A Akuan Abung yang akrab disapa Sunan ini ketika ditanya tentang pengenaan pakaian Adat Lampung oleh Presiden di hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun 2021.

Memotivasi, ini yang saya rasakan karena pemerintah terus menggeliatkan pembangunan disegala bidang. (*)

Penulis: Sarnubi Gelar Datuk Pengiran Cucu dari Suttan Datuk, Selagai, Kampung Gedung Harta.

Komentar