oleh

Peringati Hari Jadi, Pemdes Gunung Sugih Besar Kirim Doa untuk Leluhur

HUT Desa GSB : Wujudkan Masyarakat Sehat, Sejahtera, Peduli, Mandiri, Kreatif , Berdaya Saing dan Berbudaya

Lampung Timur (RL) : Desa Gunung Sugih Besar adalah salah satu desa di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Desa ini merupakan salah satu desa tertua dan masih kental denga adat istiadat serta budayanya.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) Desa Gunung Sugih Besar yang diperingati setiap tanggal 5 September itu merupakan perayaan HUT ke duanya.

Berbagai seni budaya ditampilkan dalam mengisi kegiatan HUT desa ini, ada seni pencak silat, Musik Talo Balak, Orgenan dan juga ada kesenian Laski.

Dalam sambutanya, kepala Desa Gunung Sugih Besar, Ishak, S.Pd.I menyampaikan beberapa hal yakni,

“Tema HUT Desa kita kali ini adalah Mewujudkan masyarakat sehat sejahtera, Peduli, Mandiri, Kreatif, berdaya saing dan berbudaya Menuju Gunung Sugih Besar Berjaya,” ujarnya.

Ulang tahun yang sedang kita rayakan ini adalah bukan memperingati hari lahirnya desa Gunung Sugih Besar, melainkan kita kita memperingati hari sementak diakuinya pemerintahan desa Gunung Sugih Besar oleh pemerintah Belanja pada waktu zaman itu, jelas Ishak kepada awak media pada Minggu (5/9/2021) kemarin.

Lebih lanjut, Sarjana Pendidikan Islam Lulusan Universitas IAI AN NUR Bandar Lampung ini berharap kepada semua pihak untuk jangan salah menafsirkan kegiatan HUT Desa ini,

“Jadi saya sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak salah menafsirkan dari HUT desa ini, kalau perkiraan saya Desa kita ini sudah berumur lebih dari setengah abad, cuma bukti sejarah dan orang yang bisa kita jadikan narasumber itu tidak ada,” paparnya.

Mudah-mudahan kedepannya nanti kita bisa lebih memeriahkan lagi pesta rakyat ini, insyaAllah saya akan adakan lomba antar dusun, lomba Tilawatil Qur’an dan masih banyak lagi, ucapnya.

“Mari kita sama- sama berdoa, semoga ditahun depan nanti sudah tidak ada lagi musibah Covid 19, sehingga kita bisa memeriahkan lagi HUT desa ini,” utupnya.

Sementara itu salah satu warga desa gunung Sugih Besar, yang juga merupakan Tokoh adat dan Masyarakat ikut menyampaikan pendapatnya,

“Kami sebagai masyarakat sangat mendukung penuh acara HUT desa ini, karna sudah sesuai kesepakatan bersama melalui musyawarah tua-tua kampung. Dan tentunya kegiatan ini sangat positif, kita bisa mendoakan para leluhur yang telah mbangun desa Gunung Sugih Besar,” kata Daud Damsir yang diketahui salah satu mantan Kepala Desa setempat.

Tampak hadir dalam acara itu, Camat Sekampung Udik, Safarudin, S.Sos, Irawan MJ, tokoh adat, tokoh tasyarakat, tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat Desa Gunung Sugih Besar. (Ajb)

Komentar

Realita Lampung