oleh

Tokoh Pers Lampung Utara 

Tokoh Pers Lampung Utara Bagian I
Penulis: Sarnubi Anggota PWI Cabang Lampung, Kabupaten Lampung Utara

Assalamu’alaikum. Wr. Wb. 

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita senantiasa dalam lindungan dan ridho Allah SWT. Aamiin Ya Robbal alamin.. 

Sebelumnya saya haturkan permohonan maaf kepada semua senior-senior khususnya yang pernah tergabung di kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara jika dalam penulisan cerita singkat yang saya tulis ini ada kekhilafan dan kesalahan. 

Bila mengingat cerita-cerita masa lalu, yang tidak dapat dibuka melalui jaringan internet dimasa ini, itu karena jamannya memang jauh berbeda. Dulu jamannya mesin tik, sekarang sudah digital.

Untuk itu saya bercerita singkat atas apa yang saya ingat dan ketahui tentang perjuangan para senior-senior pers di wilayah utara mendapatkan tempat di hati mitra-mitra kerjanya, baik itu dari pemerintah daerah, institusi lainnya. 

Kepengurusan PWI Wilayah Utara resmi terbentuk pada Tahun 2000 lalu, melalui Surat Keputusan (SK) PWI Pusat dengan Nomor : 088/PP-PWI/2000, tentang susunan Pengurus PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara tanggal 14 April 2000.

Susunan Pengurus PWI Wilayah Utara Masa bakti Tahun 2000-2005, Effendi Yusuf (Ketua), A Bastian Raja Muda (Wakil Ketua I), Buchairi Aidi (Wakil Ketua II), Murni Rizal (Sekretaris), Agus Hardono (Wakil Sekretaris) dan Yo’el Lukasim (Bendahara). 

Dalam perjalanan selanjutnya, pengurus PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara yang hanya berjumlah 6 orang, ternyata tidak dapat berlangsung lama. Dikarenakan Murni Rizal sebagai sekretaris mengundurkan diri, karena ada tugas dan kesibukan lain yang tidak dapat ditinggalkan (Menjadi PNS). 

Maka, untuk mengoptimalkan jalannya roda administrasi kesekretariatan, jabatan sekretaris tersebut dengan sendirinya beralih kepada Agus Hardono, yang ketika itu menjabat sebagai wakil sekretaris.

Namun rintangan itu belum juga usai, dikarenakan Agus Hardono yang ketika itu juga ada kesibukan sebagai salah seorang redaktur di SKH Lampung Ekspres yang dulunya bernama Tamtama tersebut, roda administrasi organisasi PWI Wilayah Utara ini juga mengalami hambatan menjadi tertatih-tatih.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi di unsur ketua, karena Buchairi Aidi selaku Wakil Ketua mendapatkan tugas baru dari pimpinannya SKH Lampung Post untuk bertugas di Kabupaten Tulang Bawang, dan dia diminta untuk bertempat tinggal di Tulang Bawang. Sehingga untuk melaksanakan tugasnya itu Buchairi Aidi pun mengundurkan diri dari kepengurusan PWI Wilayah Utara.

Untuk itu dalam melaksanakan fungsi dan tanggungjawabnya pengurus PWI Wilayah Utara yang tersisa terus melakukan optimalisasi dengan melaksanakan tugasnya dari ketiadaan. Kelengkapan sebagai layaknya sebuah kantor, sebagai tempat melaksanakan setiap kegiatan organisasi belum ada. 

Lalu atas kemurahan hati pihak ketiga, Pengurus PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara mendapatkan pinjaman rumah yang sangat sederhana. Ya itu ada dibilangan Jalan Sukarno Hatta Kotabumi Nomor 128, untuk dijadikan sebagai Kantor PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara.

Beranjak dari tempat yang sederhana itulah seluruh kegiatan PWI Wilayah Utara dilaksanakan sejak Tahun 2000 hingga 2004. Selama kurun waktu itu pengurus PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara terus berjuang dan berupaya untuk memiliki kantor sendiri yang lebih representatif. 

Dibawah komando Almarhum Effendi Yusuf Bin M Yusuf, keinginan serta harapan pengurus bersama para anggota PWI Perwakilan Wilayah Utara itu pada akhirnya membuahkan hasil nyata. Atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan DPRD setempat sehingga Kantor PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara telah ada. 

Ya itu didirikannya sebuah bangunan di Jalan Letkol Masno Asmono Nomor 152, Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara dan penggunaannya diresmikan oleh Ketua PWI Pusat, Drs. Tarman Azzam bersama Bupati Lampung Utara, H. Hari Fasya, SE, pada 6 Maret 2004.

Sejak itulah seluruh aktifitas dan kegiatan organisasi mulai dilaksanakan di kantor yang baru, meskipun belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta fasilitas yang belum memadai. 

Sehingga sampai pada masa akhir jabatan Almarhum Effendi Yusuf bersama A Bastian Raja Muda, Buchairi Aidi, Agus Hardono dan Yo’el Lukasim sebagai pengurus PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara periode 2000-2005 itu melum memadai, meskipun Kabupaten Lampung Barat dan Way Kanan telah memberikan andil. 

Pada 28 April 2005, konfrensi cabang (Konfercab) PWI Cabang Lampung Perwakilan Wilayah Utara kembali digelar dan disepakati sebagai pengurus inti, ya itu Almarhum Effendi Yusuf Bin M Yusuf sebagai Ketua, Thamrin Musa sebagai sekretaris, Yo’el Lukasim sebagai bendahara. (Bersambung)

Selanjutnya : Nama-nama Pengurus PWI Lampung Utara Tahun 2000 – 2015

Komentar

Realita Lampung