Nama-nama Pengurus PWI Lampung Utara Tahun 2000 – 2015

Tokoh Pers Lampung Utara, Bagian II 
Penulis: Sarnubi Anggota PWI Cabang Lampung, Kabupaten Lampung Utara

Perkembangan akan kemajuan jaman tak dapat dielakkan dari cerita-cerita masa lalu. Bagi yang merasakan sulitnya mendapatkan legalitas pada jamannya tentu kerja keras merupakan solusi untuk menggapai tujuan. 

Melanjutkan cerita sebelumnya, pada masa itu sebagai pelaku profesi, saya bersama teman-teman juga mengalami tantangan yang cukup mengesankan. Diantaranya, setelah mencari, membuat dan untuk dilaporkan kepada redaksi melalui yang namanya proses catat, tik, fax dan antarkan koran sebagai bukti bahwa diri adalah wartawan.

Dengan kata lain, berbekal perintah lisan dan selanjutnya setelah mendapatkan selembar surat tugas (belum mendapatkan id card) yang dibuktikan dari hasil konfirmasi menjadi karya jurnalistik yang telah diterbitkan di media tempat kami bekerja. 

Singkatnya, pembelajaran demi pembelajaran itu tentunya saya pribadi mendapatkannya dari para senior-senior. Sebagai junior tentunya diri harus banyak-banyak bersabar ketika menerima pembelajaran dari mereka. 

Untuk menciptakan karya-karya jurnalistik yang tajam, terpercaya dan menjadi salah satu tolak ukur, saya juga belajar dari salah seorang tokoh pers Lampung Utara, ya itu dari kiprah Edy Abizar, dan pada saat belajar itu dia dianugrahi penghargaan atas karyanya yang memang cetar membahana.

Pada masa itu, Edy Abizar diganjar penghargaan oleh Pengurus PWI Cabang Lampung setelah mengikuti tes karya latihan wartawan (KLW) dibidang perkebunan yang berlangsung selama dua hari (16-17 Mei 1998) di Bandar Lampung, Edy Abizar mendapatkan nilai A (Sangat Baik). Dia merupakan utusan dari Media Tamtama atau yang lebih dikenal SKH Lampung Ekspres plus.

Dia (Edy Abizar) merupakan salah seorang tokoh pers Lampung Utara. Namun karirnya ketika itu sempat terhenti karena keanggotaan kartu birunya (Kartu PWI) di cabut, dikarenakan suatu persolanan yang dia jalani. Dia merupakan salah seorang pendiri PWI Wilayah Utara bersama Effendi Yusuf, A Bastian Raja Muda, Yo’el Lukasim, Buchairi Aidi, Dadang Ishak Iskandar, Khaidir Asmuni, Murni Rizal, Agus Hardono, Samsul Murod, dan sederet nama-nama lainnya baik yang masuk di dalam daftar kepengurusan PWI Wilayah Utara maupun yang ikut di organisasi lain. Karena pada saat itu Samsul Murod bersama senior-senior lain seperti Hermansyah, Irawansyah, Dewa ikut dalam kepengurusan KWRI. 

Pada masa kepengurusan PWi Wilayah Utara periode 2000 – 2005, tercatat sebagai anggota penuh mereka adalah, Yoel Lukasim, Ruhiman (Lampung Post), Effendi Yusuf, Agus Hardono, Albasyah Agung (Lampung Ekspres Plus), Irawandi, Thamrin Musa, Murni Rizal, Hendriyanto (Sumatera Post), A Bastian Raja Muda (Bumi Post). 

Untuk calon anggota, Edison Musa, Rolly Johan (Sumatera Post), Agustaman (Jaya Ekspres), Haryadi HK, Indra Jaya Hamzah dan Juwaini (Lampung Ekspres plus).

Selanjutnya, bibit-bibit pelaku profesi atau wartawan di Bumi Ragem Tunas Lampung (Lampung Utara) terus bermunculan dengan skil dan kemampuan dalam mengolah fakta-fakta di lapangan menjadi karya jurnalistik. 

Diantaranya pelaku jurnalistik pada masa itu, tercatat di kepengurusan PWI Perwakilan Wilayah Utara Tahun 2005 – 2008 yang saya ingat, Effendi Yusuf (LE Plus) ketua, Thamrin Musa (Sumatera Post) sekretaris, Ruhiman (Lampung Post) bendahara. 

Beranggotakan, Hanafi, S. Sos, SK Bandarlampung News, Endriyanto Musa SKM Sumatera Post, Drs. Albasyah Agung SKH LE Plus, Holdin S SKM Analisis, Suwandi HS SKM Bumi Post, Heri Maulana, SKM Bumi Post, Alian Arsil SKM Media Reformasi, Romi Agus SKM Faktual, Sabirin, S. Ag, SKM Bumi Post, Kohar Mega SKH Radar Lampung, Hari Supriyono Lampung Post, Agus Hardono LE Plus, Eka Maryadi SKM Lampung Arena, Indra Jaya Hamzah SKM Fajar Lampung dan Riyanto SKM Mitra Post.

One Damela LE plus, Iwan SKM Teropong, Fito Radar Indoneisa, Sarnubi SKM Fajar Lampung, M Rendra, Sandi Andi Tama SKM Handal Lampung, Komarudin SKM Media Reformasi, Erwandi SKM Sumatera Post, Henrisky Tono SKM Faktual, Bremi LE plus, Sefrizal dan Fitra Sakti SKM Fajar Lampung, Zainudin SKm Teropong, Oktobi Andalas Post, Lukmansyah Tiras Post, Iswanto Agsi Post, Mat Sani SKm Sumber Media, Ahmad Natsir dan Edi Nijaya, Hendra Ahmad SKM Fajar Lampung, Hadi Saputra LE plus, Ahmad BW (Alex) SKM Faktual. 

Nama-nama lain yang tidak masuk dikepengurusan PWI Lampung Utara ada Damiiri, Junet Hasan, Rasman, Hadi, Andre, Herman, Khoiril Syarif, Rasyid, Ida dan Cucu Mulyani.

Kemudian masuk diperiode Kepengurusan ke III, PWI Perwakilan Lampung Utara periode 2009 – 2012 yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) nomor SK-011/PWI-LPG/III/2009, menetapkan Hanafi, S. Sos, SK Bandarlampung News sebagai Ketua, Lukmansyah SKH Lampung Ekspres plus sekretaris, dan Ruhiman SK Lampung Post sebagai Bendahara.

Dikepengurusan ini anggotanya Sandi Andi Tama SKM Handal Lampung, Susi Daryani SK Rakyat Lampung, Bremi SK Koran Lampung, Lutfansyah Lampung Ekspres plus, Murni Rizal SK Bandarlampung News, Saparudin RRI, Alian Arsil SKM Media Reformasi, Hari Supriyono Lampost, Khaidir Asmuni SKM Faktual, Riyanto Bandarlampung News, Alzoni SKM Detik Lampung, Sarnubi Realita Post, Sunarto SKM Cerdas Post, Kohar Mega SK Radar Lampung dan Edison Musa SKm Sumatera Post. 

Diperjalanan pada kepengurusan ini mengalami perubahan karena Susi Daryani diterima menjadi PNS, Saparudin Kembali bertugas di Bandar Lampung, Alzoni bertugas di Kabupaten Mesuji, Riyanto dan Sarnubi pindah ke Kabupaten Tulang Bawang Barat, Khaidir Asmuni pindah ke Kabupaten Lampung Tengah. 

Kepengurusan selanjutnya, setelah Konferwil ke IV atau pengurus PWI Perwakilan Lampung Utara periode 2012 – 2015, Hanafi, S. Sos, SK Bandarlampung News kembali menjadi Ketua, dengan didampingi oleh Zaini Tubara Siger TV sebagai sekretaris, Farzani Tegar TV sebagai bendahara. 

Dengan anggota, Sandi Andi Tama SKm Handal Lampung, Riduan SK Radar Kotabumi, Furqon Ari SK Radar Kotabumi, Lutfansyah LE Plus, Yudi Hardiyanto Lampost, Marya Nusa SK Radar Kotabumi, Hari Supriyono Lampost, Nurman Agung SK Radar Kotabumi, Dedi Kurniawan SK Radar Kotabumi, Fahrozy Irzan Toni (Ozy) SK Radar Kotabumi, Panji Harkenas SK Rakyat Lampung, Evicko Guantara SK Harian Lampung, Jimi Irawan Lampung TV, Harjoni SKh Kupas Tuntas, Ahmad BW (Alex) SK Harian Ekspres, Heri Setiawan Skh Koran Lampung, Rolly Johan Skh Harian Lampung, Iwansyah Mega SKh Koran Editor, Basirun SKM Handal Lampung. (Bersambung

• Sebelumnya : Tokoh Pers Lampung Utara

• Selanjutnya : Regenerasi, Ketua PWI Lampung Utara Dua Periode

Komentar