oleh

Lampung Siapkan 1.116 Petugas Untuk Periksa Hewan Kurban

BANDAR LAMPUNG- Sebanyak 1.116 orang petugas telah disiapkan guna memeriksa dan mengawasi kesehatan hewan kurban di Provinsi Lampung menjelang Idul Adha 2024.

“Dalam pelaksanaan pengawasan kesehatan hewan kurban tahun ini akan melibatkan petugas pemeriksa dan pengawas sebanyak 1.116 orang,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Diskeswan) Provinsi Lampung Lili Mawarti di Bandarlampung, Jumat (24/5)

Ia mengatakan petugas tersebut merupakan tim gabungan dari petugas dinas peternakan dari 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, Balai Veteriner Lampung, Balai Karantina Lampung, akademisi, dan asosiasi PDHI, ISPI, dan Paravetindo.

“Jumlah petugas pengawasan kesehatan hewan kurban 2024 ini mengalami peningkatan sebanyak 104 orang dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.012 orang,” katanya.

Dia merinci sebanyak 1.116 orang petugas itu terdiri dari 145 orang dokter hewan, 564 orang tenaga teknis peternakan, 217 orang paramedik veteriner, dan 109 orang relawan terlatih.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya hal ini merupakan upaya rutin pemerintah daerah dalam meningkatkan keamanan pangan, terutama daging kurban yang akan didistribusikan ke masyarakat agar memenuhi unsur aman, sehat, utuh dan halal,” ucap dia.

Pengawasan hewan kurban tersebut akan dilakukan berdasarkan jadwal di mana untuk pengawasan di sentra ternak dan kandang peternak yang memasok ternak kurban dilaksanakan 14 hari sebelum Idul Adha.

Kemudian pemeriksaan di lapak penjualan dilaksanakan pada tujuh hari hingga tiga hari menjelang Idul Adha, pemeriksaan di masjid atau tempat pemotongan hewan dilaksanakan pada tiga hari menjelang Idul Adha hingga hari Idul Adha.

“Sedangkan pemantauan pemotongan dan distribusi di masjid ataupun tempat pemotongan hewan akan dilaksanakan pada pelaksanaan Idul Adha hingga tiga hari setelahnya,” ujarnya. (Ruth Intan Sozometa Kanafi/ant)

Komentar

Realita Lampung