oleh

Pj Bupati Mulyad Irsan Hadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus

TANGGAMUS – PJ Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, MT., menghadiri Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus Periode 2024-2025, di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Senin (27/5).

Hadir juga dalam pengukuhan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus drg. Hellen Veranica Mulyadi, M. Kes., Asisten II Hendra Wijaya Mega dan Seluruh Jajaran serta Anggota Dekranasda yang lama mau pun yang baru di kukuhkan.

PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya, atas mama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Saya ucapkan Selamat kepada Pengurus Dekranasda yang baru dikukuhkan, semoga mampu mendukung Ketua Dekranasda dalam menjalankan Visi Misi nya, menjalankan program dan kegiatan Dekranasda.

“Sehingga Dekranasda Kabupaten Tanggamus semakin maju dan berkembang serta dapat memberikan manfaat dan tujuan dalam memberdayakan pengrajin dan pelestarian budaya bangsa, melalui hasil produk produk unggulan daerah,” ujar Pj Bupati.

Masih kata Pj Bupati, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus merupakan organisasi non pemerintah, sebagai mitra kerja pemerintah daerah, mempunyai misi untuk melestarikan nilai—nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/ promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan ke berbagai even pameran baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Kabupaten Tanggamus masih sangat memerlukan promosi promosi potensi kerajinan yang dimiliki. Oleh karena itu diharapkan kerjasama promosi antara pengrajin dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus agar dijalin dengan baik. Perajin harus mau memulai untuk lebih mandiri dalam promosi, tidak hanya menggantungkan dari kegiatan kegiatan pemerintah. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Dekranasda dan perajin diharapkan mampu mengangkat dan mempromosikan kerajinan daerah Tanggamus.

Tentunya saya selaku Pembina Dekranasda, berharap kepada seluruh Pengurus Dekranasda bersama Ketua Dekranasda harus mampu menjadi pion pion penggerak agar produk kerajinan Kabupaten Tanggamus bisa di kenal secara Nasional, untuk itu pengurus dan anggota Dekranasda harus bisa melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis — ekonomi kreatif.

Bahkan kalau memungkinkan harus melakukan proteksi terhadap karya karya pengrajin dengan terus mensosialisakan slogan “mencintai produk dalam negeri” kepada seluruh masyarakat, agar produk produk kerajinan masyarakat tidak menjadi “tamu” di daerahnya sendiri.

Sejalan dengan salah satu tujuan dekranasda yakni menggali, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya bangsa, serta membina penerapan dan penggunaan teknologi baru, maka saya berharap dekranasda Kabupaten Tanggamus dapat mengambil perannya terkait hal tersebut sekaligus sebagai katalisator, pemerhati dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, dan pengrajin dengan semangat kewira swastaan, ujarnya”.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tanggamus drg. Hellen Veranica Mulyadi, M. Kes, mengatakan pengukuhan hari ini merupakan penyegaran ,pastinya dengan pengukuhan Dekranasda hari ini dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi dan mereka dapat bertanggung jawab sesuai dengan bidang yang tleah ditugaskan bekerja sama dengan baik bersama opd old terkait.

Pesannya karena pengukuhan hari ini diikuti oleh kaum milenial semoga bisa bekerja dengan baik dengan para para seniornya tidak malu mau belajar dan terus belajar dan tetap melakukan pendampingan terhadap pelaku UMKM yang ada di kabupaten Tanggamus.

“Harapannya semoga Dekranasda kabupaten Tanggamus lebih berjaya lagi lebih sukses, lebih mampu menjadi wadah bagi pelaku pelaku UMKM untuk menitipkan barang barang mereka, pastinya yang sudah di dekorasi dari kami tim dekra,” terangnya. (Hadi Hariyanto/rls)

Komentar

Realita Lampung