Bupati Budi Utomo Sambut Kunjungan Wakil Gubernur Lampung

Lampung Utara (RL) – Kunjungan kerja Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim di Kabupaten Lampung Utara untuk mengecek kesiapan rumah sakit rujukan pasien terpapar Coronavirus Disease (Covid-19) dan Posko Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di sambut oleh Plt Bupati Budi Utomo bersama jajarannya.
Kedatangan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim didampingi Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pandra dan disambut oleh Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, bersama Ketua DPRD Romli, Komandan Kodim 0412/LU, Letkol Inf Letkol Krisna Pribudi, Pj Sekda Sofyan, Kadis PUPR Syahrizal Adhar, Kadis Sosial Erwinsyah, Kasat Pol PP Firmansyah di halaman arkir Pasar Central Kotabumi, Senin 20 April 2020 lalu.
Didampingi oleh Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan jajarannya bersama unsur forkopimda Wakil Gubernur Chusnunia Chalim melakukan peninjauan di Pasar Central Kotabumi, Rumah Sakit Umum Ryacudu, dan Posko Terpadu Covid-19 di Gedung Korpri, sekaligus membagikan masker kepada masyarakat secara simbolis.
Pada kunjungan itu, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim karena melihat masih banyak warga yang tidak memakai masker meminta masyarakat Kabupaten Lampung Utara agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.
Kemudian, Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo menyampaikan, Pemkab Lampung Utara telah mengeluarkan beberapa regulasi untuk percepatan penanganan Covid-19 di daerah setempat. 
Diantaranya, keputusan bupati terkait pembentukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Lampung Utara. Selain itu, mewajibkan warga untuk wajib lapor bagi pendatang dan menerapkan prosedur konfirmasi kesehatan, serta menerapkan informasi satu pintu terkait Covid-19.
“Dalam melakukan percepatan penanganan Covid-19, kami telah melakukan sosialisasi hingga ke tingkat dusun, menyiapkan 5 unit ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Ryacudu, menjadikan gedung islamic center kotabumi sebagai tempat isolasi ODP. Kemudian memberikan bantuan sembako dan masker kepada masyarakat,” kata Budi Utomo.
Plt Bupati yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara itu menjelaskan, terkait perkembangan Covid-19 di Lampung Utara pertanggal 19 April 2020 jumlah ODP sebanyak 101 orang, OTG sebanyak 17 Orang, PDP 2 orang, dan terkonfirmasi positif Covid-19 ada 2 orang.
“Dalam melakukan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah menyiapkan anggaran dana melalui realokasi APBD sekitar Rp13 miliar untuk pembelian APD dan rehab ruang isolasi. Kita juga menyiapkan sejumlah dana desa untuk dikonsentrasikan untuk penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.
Turut hadir dalam kunjungan Wakil Gubernur Lampung pada harian itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Kabid Humas Polda Lampung, Kepala Bidang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Kepala Bidang Dinas PMD Provinsi Lampung, Kepala Bidang Dinas Sosial Provinsi Lampung, Kepala Bidang BPBD Provinsi Lampung, Kepala Bidang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Kepala Bidang Sat Pol PP Provinsi Lampung, Pasi Intel Korem  043/Gatam. (Advetorial)

Komentar