oleh

Emak-emak Kelurahan Gapura Dirikan Warung Sedekah

Lampung Utara – Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.
Seperti yang dilakukan oleh kaum hawa Ibu-ibu yang tergabung dalam Mom’s Gapura Kelurahan Gapura, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara mendirikan sebuah warung sedekah unik dengan membagikan makanan dan sayuran secara gratis kepada warga.  
Warung sedekah ini didirikan dengan menggunakan beberapa batang kayu (kasau) kemudian diatasnya digantungkan beberapa jenis makanan dan sayuran yang dipusatkan di Jalan Dahlia Kotabumi.
“Warung ini membagikan makanan secara gratis kepada orang yang membutuhkan yang kebetulan lewat di jalan Dahlia ini,” kata Mala salah satu anggota Mom’s Gapura, Selasa (12/5/2020).
Selain memberikan, lanjutnya, ibu-ibu itu juga membuka kesempatan bagi para darmawan yang hendak menitipkan sayuran dan makanan serta pakaian yang layak pakai di warung sedekah yang telah mereka dirikan tersebut.
Lanjut Mala, warung sedekah itu akan dilakukan secara rutin setiap harinya yang dimulai pada hari ini. Kegiatannya, jelas dia, pada pagi harinya pihaknya akan menyiapkan sayuran mentah seperti kangkung, beras, telur, dan minyak goreng berikut keperluan lainnya. 
“Untung sore harinya, menjelang buka puasa akan kami siapkan aneka takjil, siapapun kami persilahkan untuk mengambilnya,” ujarnya.
Termotivasinya kelompok ibu-ibu tersbeut untuk mendirikan warung sedekah itu berawal dari dirinya yang melihat video yang dia dapatkan melalui aplikasi WhatsApp. Pada kesempatan itu, Mala berharap, kepada seluruh warga Kelurahan Gapura khusunya warga jalan Dahlia untuk menyisihkan sedikit hartanya untuk disumbangkan ke warung sedekah yang mereka buat
“Kita menggelar warung sedekah ini di Jalan Dahlia tepatnya di depan lapangan damri dimulai yang dimulai pada jam delapan sampai dengan jam sembilan, sedangkan untuk sore harinya kami mulai jam empat untuk membagikannya,” ungkapnya.
Untuk keberadaan warung sedekah tersebut akan terus diadakan selama bulan Ramadhan ini dan pihaknya juga mempersilahkan kepada siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk bersedekah melalui gabungan mak-mak tersbeut.
“Pada iIntinya kami ingin berbuat baik, lewat bersedekah. Kita belum bisa kasi lebih cuma bisa kasi makan gratis, semoga apa yang kami berikan ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua,” pungkasnya. (Diqin)

Komentar