oleh

Bumdes Buring Kencana untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Lampung Utara (RL) – Berbagai upaya telah dijalankan Pemerintah Desa di Kabupaten Lampung Utara dalam mendorong peningkatan perokonomian masyarakat yang bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). 
Diantaranya, seperti yang telah dilakukan Pemerintah Desa Buring Kencana, untuk meningkatkan kesetaraan ekonomi masyarakatnya memacu pergerakan Bumdes dengan merealisasikan program pembangunan baik melalui ADD maupun DD untuk kepentingan umum. 
Diungkapkan, Edwar Syahputra selaku Kepala Desa Buring Kencana realisasi pelaksanaan pembangunan DD yang dijalankan jajaran pemerintah desa setempat selalu menyisihkan program untuk bersama atau yang dapat dikelola oleh masyarakat guna kepentingan dimasa-masa mendatang. 
Realisasi DD tahun 2019, kata Edwar Syahputra salah satunya dialokasikan untuk pembangunan GSG. Di dalam bangunan m GSG tersebut dipergunakan masyarakat setempat untuk keperluan olahraga, karena di dalam bangunan itu ada lapangan untuk bermain, ya itu lapangan batminton, futsal, dan lapangan voli.
Menurut Juwarto salah seorang anggota Bumdes Desa Buring Kencana guna kelestarian dan terjaga dalam perawatan GSG tersebut Pemdes setempat telah membuatjan peraturan desa (Perdes) tentang peraturan sewa pinjam pakai agar masyarakat yang mengelola GSG itu dapat terus berjalan dengan adanya pemasukan dari desa khususnya dari GSG tersebut. 
Lokasi di dalam GSG itu ada empat lapangan olahbraga yang dapat disewakan untuk keperluan olahraga, biaya sewa itu untuk merawat GSG.
Selain pengelolaan GSG itu, lanjut Juwarto, Desa Buring Kencana juga telah mengelola tarup dan panggung yang semuanya dikelola oleh Bumdes desa setempat. Desa Buring Kencana terbagi dalam tiga Dusun dan enam ketua rukun tetangga (RT). Untuk perjalanan tarup sudah berjalan tiga tahun ini. (RD 01)

Komentar