oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Negeri Katon Kembali Semperotkan Disinfektan

Realita Lampung Tengah – Upaya mengantisipasi dan pemutusan mata rantai penyebaran coronovirus disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Desa atau Kampung Negeri Katon dan Gedung Harta, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah kembali melalukan penyemperotan disinfektan.
Penyemperotan disinfektan atau bahan kimia seperti lison, kreolin itu guna pencegahan terjadinya infeksi atau pencemaran oleh renik penyakit yang lebih dikenal obat pembasmi kuman tersebut sebagai upaya antisipasi. 
Sebagaimana dikatakan, Kepala Kampung Negeri Katon, Hasanudin dilakukannya penyemperotan disinfektan itu merupakan langkah mengantisisi karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 
Selain itu lanjutnya, beberapa waktu lalu ketika ada acara keluarga salah seorang kerabat di daerah tersebut pernah pulang ke kampung halamannya memenuhi undangan pernihakan, dan orang tersebut dikabarkan terpapar covid-19. Meski kondisi yang bersangkutan sehat namun upaya mengantisisi untuk kebaikan bersama dilakukannya penyemprotan ditempat-tempat yang pernah dikunjungan.
“Alhamdullilah untuk kampung negeri katon dan gedung harta sudah dilakukan penyemprotan disinfektan, karena adanya informasi yang dikabarkan ada keluarga kita yang terpapar covid-19, dan pada tanggal 13 Agustus 2020 beliau memang berkunjung ke kampung negeri katon atau gedung harta karena acara keponakannya,” kata Hasanudin, Rabu 19 Agustus 2020.
Penyemperotan disinfektan kali ini, kata Hasanudin, difokuskan pada rumah-rumah warga yang dikunjungan oleh AS yang dikabarkan terkonfirmasi positif covid-19 tersebut. 
“Terutama yang kita lakukan penyemperotannya di rumah warga yang sempat kontak langsung, khususnya rumah-rumah yang ada di kampung tua,” ujarnya.
Sementara itu, imbauan secara bijak disampaikan, Rahmada Azhari anak dari salah seorang lima warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di kantor PG Lampung Utara beberapa waktu lalu. 
Mengenai hasil pemeriksaan dari swab yang dilakukan Satgas Covid-19 dan dinyatakan positif tersebut, menurut Rahmada, kondisi orang tuanya sehat dan baik bahkan dalam kondisi normal dari hasil pemeriksaan tim kesehatan daerah setempat.

“Saat ini kondisi orang tua saya sudah di isolasi dan dalam kondisi sehat, dan dari hasil pemeriksaan tim medis kesehatan orang tua saya dikatakan dalam kondisi normal. Artinya tinggal menunggu hasil tes swab sekali lagi,” ujarnya.
Relawan Kampung Negeri Katon dan Gedung Harta saat melakukan penyemperotan disinfektan.
Untuk itu dia meminta kepada masyarakat secara umum untuk bersama-sama mendoakan mereka (korban paparan covid-19) yang dinyatakan terkonfirmasi positif agar segera sehat kembali. 

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di selagai lingga kalau pun ada tim medis dari dinas kesehatan mengadakan tes swab silahkan saja karena itu lebih baik, tidak usah panik dan khawatir karena ini musibah bukan suatu aib,” ungkapnya. (***)

Komentar