oleh

Panorama Wisata Alam Kabupaten Lampung Tengah

Realita Lampung – Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi alam untuk ditumbuh kembangkan menjadi obyek wisata yang diminati para wisatawan.

Seperti di daerah Kabupaten Lampung Tengah yang meupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Lampung dan masih banyak potensi alamnya untuk dijadikan pariwisata dan tentunya akan bisa menarik minat wisatawan.

Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Lampung Tengah. Salah satu destinasi air pegunungan. Air Terjun Curup Tujuh sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Akses untuk menuju tempat ini memang membutuhkan perjuangan, memakan kurang lebih 2-4 jam dari Bandar Lampung. Bahkan, kita masih harus berjalan kaki melalui jalan setapak untuk mencapai air terjun ini. Akan tetapi, lelah kita akan terbayarkan setelah kita sampai di lokasi yang masih sangat terjaga keasriannya ini.

Air Terjun Curup Tujuh memiliki tinggi sekitar 75 meter yang terbagi dalam beberapa tingkatan. Sehingga, kita bisa menikmati indahnya pesona alam dengan suasana yang sejuk melalui tingkatan tersebut. Air Terjun Curup Tujuh lokasinya di Marga Jaya, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah.

Selain itu ada juga Air Terjun Curup Lestari, nama curup ini belum banyak dikenal dalam dunia wisata, dikarenakan lokasinya yang berada di pertengahan area hutan. Meski demikian, Aur Terjun Curup Lestari kini mulai dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat. Berhubung butuh perjuangan dan medan yang dilalui untuk sampai ke tempat ini terbilang cukup susah, sehingga keasrian objek wisata ini masih sangat terjaga.

Di tempat ini Anda akan menemukan suasana yang berbeda dari beberapa wisata air terjun yang pernah anda kunjungi. Di samping itu, meski berada di pelosok, pesona alam yang disajikan juga sangat indah dan tidak mengecewakan. Air Terjun Curup Lestari, berlokasi di Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah.

Bukit Batu Bara. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda pemburu sunset pada sore hari, karena selain pesona alamnya yang indah, bukit ini juga banyak dikunjungi masyarakat yang ingin mengabadikan momen sore harinya dengan sunset. Dibutuhkan perjuangan untuk mencapai tempat ini, Anda harus berjalan kaki dari area parkir untuk sampai ke atas bukit.

Meski melelahkan, tetapi Anda tidak akan menyesal karena keindahan alamnya mampu membayar semua lelah yang Anda rasakan. Dari atas bukit ini dapat terlihat suasana Lampung Tengah dari ketinggian ditemani dengan sejuknya udara dan suasana yang masih sangat terjaga keasriannya. Bukit Batu Bara berlokasi di Kampung Lingga Pura, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah.

Bukit Batu Tumpang. Bukit ini merupakan salah satu spot wisata unik yang memilki daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya batu tumpang yang berarti batu yang ditindihkan atau berada di atasnya. Hal ini menyebabkan munculnya keunikan pada destinasi wisata ini, dimana terdapat sebuah batu kecil yang dapat menopang batu yang notabene berukuran jauh lebih besar.

Adanya tumpang tindih kedua batu ini menjadikan panorama unik yang ada di atas bukit ini. Sementara itu, pesona alam dan banyaknya pepohonan hijau yang ada di atas bukit ini menambah indahnya tempat ini. Lokaisnya ada di Payung Rejo, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah.

Selain wisata curup juga ada obyek wisata danau di Kabupaten Lampung Tengah, Danau ini merupakan salah satu destinasi wisata alam sekaligus wisata religi yang berada di Lampung Tengah. Hal ini dikarenakan terdapat pura yang sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah dan pemujaan bagi umat Hindu. Selain itu, kawasan sekitar danau ini mayoritas merupakan umat Hindhu keturunan Bali. Sehingga, pemilihan nama danau yang digunakan juga menyerupai nama danau yang berada di Bali.

Meski demikian, tidak hanya umat hindu yang berkunjung ke tempat ini, melainkan banyak wisatawan asing yang juga menyempatkan waktu untuk menikmati pesona keindahan danau ini ketika berada di Lampung Tengah. Danau Tirta Gangga lokasinya ada di Sakti Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah.

Ada juga Danau Bekri, Danau Bekri merupakan salah satu destinasi wisata danau yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, hal ini disebabkan keunikan dan daya tarik yang dimilikinya. Danau ini merupakan gabungan dari dua danau yang kini menjadi satu, di tengahnya terdapat gundukan tanah meninggi yang menyerupai pulau dari kejauhan. Untuk menuju gundukan tanah ini terdapat jembatan penghubung, sehingga Anda bisa menikmati pesona indahnya danau dari sisi yang lebih dekat. Danau Bekri lokasinya di Sinar Banten/Bekri, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah.

Danau Telogo Rejo Sendang Baru. Selain sebagai sumber pengairan dan irigasi area persawahan dan wilayah sekitar Sendang Agung, danau ini juga memilki pesona alam yang berpotensi dalam bidang pariwisata. Hal ini didukung dengan lokasinya yang berada di lereng bukit barisan yang memberi suasana sejuk dan menenangkan. Selain itu, dalam danau ini juga banyak hidup berbagai jenis ikan air tawar, sehingga selain menjadi destinasi wisata alam, tempat ini merupakan kawasan pemancingan. Danau Bekri berlokasi di Sendang Baru, Kota Batu, Kec. Sendang Agung, Kab. Lampung Tengah.

Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas. Danau ini bermula dari adanya aktivitas tambang pada area Kapur Batu Padas. Tidak hanya sebatas kawasan bekas tambang, melainkan danau yang ada dengan air yang berwarna biru serta indahnya bekas galian tambang yang ada menyebabkan adanya perpaduan yang sangat indah di tempat ini.

Banyak orang menjadikan area ini sebagi spot foto yang notabene sangat instagramable dan memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang mengunjunginya. Selain itu, terdapat satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tidak ada sistem tiket untuk masuk ke tempat ini, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati pesona indahnya danau ini.

Lalu ada juga wisata Gua Maria Fajar Mataram. Gua Maria Fajar Mataram merupakan tempat ibadah sekaligus destinasi wisata religi bagi umat Khatolik. Akan tetapi, selain digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Khatolik, Gua ini juga dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Lampung Tengah. Di samping tempatnya yang asri, suasananya juga sejuk dan sangat memberikan ketenangan. Sehingga, tidak hanya jemaat lokal atau dari sekitar Lampung, melainkan banyak jemaat luar daerah yang datang ke tempat ini. Gua Maria Fajar Mataram, lokasi di Fajar Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah.

Mudah-mudahan tempat wisata ini dapat dijadikan referensi liburan Anda. Mayoritas dari wisata alam yang ada masih memberikan pesona alam yang asri dan suasana alam yang masih sejuk, alami serta jauh dari pencemaran. (***)
• Sumber : Andalastourism.com

Komentar