oleh

Tiga Korban Covid-19 Way Kanan Dinyatakan Sembuh

 

Realita Way Kanan – Tiga pasien Covid-19 asal Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung telah dinyatakan bebas dari paparan virus namun tercatat ada satu penambahan kasus baru.

Ketiga kasus yang dinyatakan terbebas dari paparan covid-19 itu berinisial AI atau (P24) jenis kelamin laki-laki, umur 41 tahun, beralamat di Kecamatan Kasui. Lalu ES (P25), jenis kelamin juga laki-laki umur 39 tahun, alamat Kecamatan Baradatu, dan MW (P26) jenis kelamin perempuan umur 40 tahun, warga Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan.

Menurut Anang Risgiyanto selaku juru bicara Tim Penanganan Covid-19 Way Kanan ada penambahan satu kasus baru yang dinyatakan positif covid-19, korban berinisial AS (P27), jenis kelamin perempuan umur 59 tahun, warga Tanjung Raja Giham, Way Kanan.

 “Informasi tiga sembuh dan ada tambahan satu yang positif itu adalah benar. Untuk kasus yang baru berinsial AS  atau (P27). Korban AS mempunyai riwayat perjalanan ke Bandar Lampung untuk mengantar cucunya mencari kost-kostan selama 4 hari,” kata Anang, Rabu 4 November 2020.

Selanjutnya pada hari Selasa 20 Oktober 2020, AS berobat ke Bidan Desa Tanjung Raja Giham dengan keluhan badan lemas, pegal-pegal, susah BAB  selama kurang lebih 4 hari, batuk ringan. Hasil pemeriksaan Bidan Desa suhu tubuh 36,5 C.

Pada Kamis 29 Oktober 2020, sekira pukul 11.00 WIB, AS berobat ke Puskesmas Way Tuba dengan keluhan sesak selama 2 hari, demam dan batuk 4 hari, tidak dapat mencium bau sejak 4 hari, mual, lemas, nafsu makan menurun, konstipasi sejak 4 hari, dan di rawat selama 1 hari di Puskesmas Way Tuba.

Kemudian pada Jumat 30 Oktober 2020 kondisi AS belum kunjung membaik, lalu AS atau pasien (P27) itu dirujuk ke RS ZAPA. Di RS ZAPA AS dilakukan rapid test covid-19 dengan hasil reaktif, dilanjutkan dengan pengambilan RT PCR Swab pertama. Lalu pada Sabtu 31 Oktober 2020 kembali dilakukan pengambilan PCR Swab kedua.

Kemudian, lanjut Anang, hari ini pihaknya mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bahwa hasil pemeriksaan PCR Swab (P27) dengan hasil konfirmasi positif covid 19, jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Anang, saat ini di Way Kanan terdapat 27 kasus konfirmasi positif Covid-19. Diantaranya, dua meninggal dunia, 24 kasus telah dinyatakan sembuh dan tersisa satu kasus baru ya itu (P27).

“Terhadap tiga pasien yang masih dirawat akan terus kita lakukan pemantauan kesehatannya sehingga yang bersangkutan benar-benar bisa terkontrol kondisi kesehatannya,” ujar Anang. (Sandi/Red/*)

Komentar