Giat Ops Lilin 2020, Polres Pringsewu Bagikan Masker – Maklumat Kapolri

Realita Pringsewu – Hari keenam berlangsungnya operasi lilin krakatau 2020 Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu membagikan alat kesehatan berupa masker dan hand sanitizer, bunga dan Maklumat Kapolri kepada masyarakat.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan lintas Barat kompleks rest area Kabupaten Pringsewu tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pringsewu dengan didampingi jajaranya dan dikuti oleh aparat gabungan TNI, Polri, Dishub, Senkom, Pramuka dan tenaga medis.

Aksi ini merupakan bagian dari Operasi Lilin 2020 yang digelar Polres Pringsewu selama 15 hari terhitung sejak 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 mendatang.

“Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat terutama para pengendara bermotor bisa terus mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kasatlantas Polres Pringsewu, Iptu Bima Alief Caesar, S.Tk, S.Ik seusai pembagian masker dan sosialisasi, Sabtu 26 Desember 2020.

Dalam aksi ini, petugas juga memberikan sosialiasi tentang maklumat Kapolri Nomor 4 tahun 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur natal dan tahun baru 2021.

Bima Alief menerangkan penyelenggaraan operasi lilin kali ini cukup berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, ketugasan personel di lapangan tak hanya sebatas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga memastikan penerapan prokes benar-benar dipatuhi.

Selain itu Kasat lantas menjelaskan bahwa menjelang perayaan malam tahun baru pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di 5 titik lokasi guna mencegah terjadinya kemacetan maupun akses berkumpulnya warga saat melaksanakan malam tahun baru.

“kami akan memasang barikade barier di depan mall candra pringsewu dan kompleks tugu gajah, kemudian melakukan penutupan akses keluar masuk di rest Area Pringsewu, pendopo pringsewu dan ke perkantoran pemda Pringsewu,” ungkap Bima Alief.

Menurut kasat lantas bahwa selama berlangsungnya operasi lilin 2020 hingga memasuki hari kenam saat ini volume arus lalu lintas kendaraan masih terpantau normal dan belum terjadi peningkatan, namun pihaknya akan tetap mengantisipasi terjadinya peningkatan volume kendaraan.

“jika terjadi peningkatan arus kendaraan kami telah antisipasi dengan penempatan personil ditiap penggal jalan,” ucapnya.

Selanjutnya kasat lantas mengimbau kepada seluruh warga masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat berkerumun dan mengharapkan agar perayaan malam tahun baru cukup dirumah saja .

“harpan kami warga masyarakat tidak ada yang melakukan kegiatan yang bersifat berkumpul, tetap dirumah saja, selalu berdoa agar pandemi Covid-19 ini cepat berakhir,” pungkasnya. (Sahlani/*)

Komentar